Filsafat Teknologi. #4 Persepsi atau sudut pandang manusia akibat teknologi.

Teknologi itu mengubah persepsi manusia tentang waktu. Misalnya jam. Manusia sekarang lebih menghargai waktu dan lebih ketat dengan waktu juga.


Jika manusia tidak menggunakan jam, maka dia lebih santai terhadap menghargai waktu.


Dengan adanya waktu seperti jam, kita bisa memilah milah waktu itu, di Sistem Informasi itu ada manajemen waktu contohnya.


Tapi dengan adanya jam, kita mulai menjauh dengan alam. Dulu untuk melihat waktu kita harus melihat matahari, sekarang, kita hanya perlu melihat tangan kita atau smartphone.


Selanjutnya teknologi mengubah persepsi manusia tentang ruang. Misalnya seperti ruang angkasa. Dulu sebelum adanya teropong, ruang angkasa itu menakutkan, dan setelah adanya teropong, manusia malah ingin mendalami ruang hampa udara itu.


Contoh lainnya, seperti peta. Dulu mungkin kita engga akan bisa melihat dunia itu luas, sedangkan adanya peta, kita bisa melihat kemegahan bumi ini menjadi ada di depan mata kita dengan jelas. Bahkan sampai ada garis bintang dan garis bujurnya.


Dan ada lagi, teknologi tulis mengubah persepsi manusia dari bahasa. Seperti cerita masa lalu itu disampaikan secara lisan, ada makna lebih disana, kita bisa melihat gestur orang yang bercerita contohnya. Namun kekurangannya, jika ceritanya berupa lisan secara turun menurun, akan ada perubahan cerita.


Dan ketika kita mendapatkan teknologi tulis, maka bahasa sangat lengkap namun kaku, karena kita tidak bisa merasakan sense dari pencerita.


Itulah sedikit tentang Persepsi atau sudut pandang manusia akibat teknologi.


Selanjutnya dan terakhir, kita akan bicara tentang relasi antara teknologi dengan manusia.

avatar randynetworks

Ditulis oleh @randynetworks

"Untuk meraih sesuatu, harus mengorbankan sesuatu juga."