Filsafat Teknologi. #2 Konsepualisasi Filsafat teknologi.

Jadi teknologi itu berasal dari kata Yunani, Techne. Artinya adalah Tidak hanya menciptakan sesuatu, tapi berkaitan dengan seni berfikir. Jadi ada sen...

cover Filsafat Teknologi. #2 Konsepualisasi Filsafat teknologi.

Jadi teknologi itu berasal dari kata Yunani, Techne. Artinya adalah Tidak hanya menciptakan sesuatu, tapi berkaitan dengan seni berfikir. Jadi ada seni disana. Seni mengimajinasikan apa yang ingin kita ciptakan.

Sebenarnya kita harus menggaris bawahi dulu kata 'cipta'. Jadi ada 2 kata yang harus kita bisa bedakan, pertama adalah kata Poiesis artinya mencipta dari yang tidak ada menjadi ada, disana itu ada keterlibatan manusia, ada keterlibatan sebab efisien yang mengadakan sesuatu itu. Contohnya seperti software, hardware. Itu sesuatu yang kita buat.

Nah sedangkan kata kedua adalah Physis artinya, ada karena sendirinya. Ada secara natural -- alamiah. Seperti tumbuh tumbuhan.

Nah jadi Techne ini adalah ruang lingkup poesis yang lebih luas.

Karena Techne ini berkaitan tentang menciptakan sesuatu dari yang tidak ada menjadi ada. Maka sebenarnya, techne ini berhubungan langsung terhadap penyingkapan kita. Jadi techne ini berkaitan tentang epistem, yaa walaupun ranah daripadanya berbeda.

Kalo misalnya epstemologi ranahnya teoritik, sementara techne ini ranah nya praksis. Jadi kata techne ini yang menjadi dasar dari perkembangan berikutnya, hingga kita menyebutnya technologi.

Tapi mungkin kita bisa melihat perbedaan teche yang era klasik dan techne di era kita sekarang.

Salahsatu perbedaanya jika misalnya techne untuk mengekspresikan pikiran sementara,sedangkan teknologi untuk mengeksploitasi alam.

Nah para filusuf dan pemikir era modern ini memberikan persepsinya terhadap eksploitatif alam. Misalnya kaya francis bacon yang bilang "ilmu pengetahuan adalah kekuasaan". Jadi kalo misalnya dari sana, bisa dikatakan, manusia menganggap semeta alam adalah objek.

itu mungkin tentang Konsepualisasi Filsafat teknologi.

Selanjutnya, bagaimana hubungan antara filsafat science dan teknologi ?

avatar randynetworks
@randynetworks

23 Kontribusi 5 Poin

Diperbarui 3 tahun yang lalu

Bagian dari artikel seri

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban