Don’t Repeat Yourself

Jangan mengulangi aktivitas yang tidak perlu diulangi! Jangan menulis ulang kode yang tidak perlu ditulis ulang! Sebagian kecil sudah kita bahas di b

Jangan mengulangi aktivitas yang tidak perlu diulangi! Jangan menulis ulang kode yang tidak perlu ditulis ulang!

Sebagian kecil sudah kita bahas di bagian “refactoring”, tapi masih ada yang lebih besar dari mantra DRY (don’t repeat yourself) ini. Kalau teman-teman mau membuat galeri foto misalnya, pertanyaan pertama, kenapa harus membuat ulang? tentu saya setuju kalau tujuannya untuk belajar atau mencari solusi yang terbaik. Tapi kalau sudah ada library yang bisa membantu kita dengan performa yang baik, kenapa harus menulis ulang?

Pertimbangan waktu yang menjadi menu utama di sini. “Yang paling jauh adalah masa lalu” kata seorang imam. Ngga merhargai waktu sama seperti ngga menghargai diri sendiri. Hemat waktumu, dengan tidak menulis hal yang sama berkali-kali.

Belajar menulis dokumentasi untuk hal-hal yang akan kamu temui berkali-kali. Misalnya ada error yang sering muncul, kenapa ngga menulis error dan solusinya di satu file?

Ketika kamu ketemu masalah yang sama, ada referensi yang cepat bisa kamu akses. Ini juga salah satu alasan kenapa saya membuat forum di sekolahkoding, agar semua orang punya referensi ketika bertemu error yang sama, tanpa perlu menghabiskan waktu yang lama. Alasan yang sama kenapa saya menulis blog ini.

Contoh lain, ketika kamu harus mengirim email yang sama setiap 1 bulan satu kali, sudah ada sistem “scheduling” cron job yang bisa dimanfaatkan, kamu cukup menulis programnya satu kali dan akan automatis terus dijalankan. Jangan mengulangi hal yang sama.

Cari hal-hal yang kamu terus ulang berkali-kali, jika bisa dibikin automatis, bikin jadi automatis! itu prinsip dasar dari programmer. Tulis semua hal yang kamu lakukan berkali-kali (hal yang sama) setiap hari atau setiap bulan, cari cara untuk membuatnya automatis.

Ketika kamu mengerjakan proyek yang sama berkali-kali, seperti membuat profil perusahaan misalnya, kenapa harus selalu menulis ulang semuanya dari awal? kenapa ngga bikin satu template dasar, yang nanti bisa kamu kembangkan dan modifikasi sesuai kebutuhan klien nantinya. Jangan mengulangi hal yang sama. “Jangan mengulangi hal yang sama.” agak miris memang saya mengulang-ulangi kata jangan mengulang.

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban