Berani Upload Karya, Beberapa Kebaikan Akan Terjadi

Saat mempelajari hal baru, kita seringkali terlalu nyaman untuk menyimpan sendiri hasil karya kita. Jika kamu sedang belajar koding, berkarya lewat localhost komputer kamu merupakan cara yang nyaman. Tidak ada orang lain yang tahu atau bisa mengakses program yang kamu buat tersebut. Namun, ternyata banyak kebaikan yang terjadi apabila kamu berani untuk membagikan program yang sudah kamu buat.


[[table-content]]


Melatih Mental Lebih Berani

Apabila kamu sedang belajar membuat website, cobalah untuk mengupload ke hosting. Apabila kamu sedang membuat aplikasi mobile, cobalah untuk mengupload karyamu ke App Store atau Google Play Store. Apabila karyamu berupa kode, cobalah untuk menyimpannya di Github atau Bitbucket. Semakin sering melakukan hal tersebut, kamu akan semakin terbiasa dan berani untuk menampilkan karya yang sudah kamu buat.


Bisa Mendapat Masukan


Manfaat ke-dua yang bisa kamu dapatkan adalah memberikan orang lain kesempatan untuk meninjau atau mereview hasil karyamu. Apabila kamu mendapatkan feedback, kamu jadi tahu apakah kode yang kamu tulis sudah rapi strukturnya, apakah kode yang kamu tulis sudah efisien, apakah ada logika yang memiliki potensi error di dalamnya. Berdasarkan feedback tersebut, kamu jadi tahu apa yang sebaiknya kamu perbaiki untuk menjadi seorang programmer yang lebih baik.


Orang Lain Ikut Menggunakan


Produk yang sedang kamu buat, niat awalnya dibuat untuk menyelesaikan masalah yang kamu punya. Namun setelah kamu berani untuk membagikannya, kemungkinan akan ada banyak orang lain yang terbantu atau mendapatkan manfaat dari program yang sudah kamu buat. Hal baik lainnya sudah menantimu, dari sekedar project sampingan, lama kelamaan bisa menjadi project yang menghasilkan uang dan bisa membantu kehidupanmu.


Takut itu normal. Kabar baiknya, orang-orang punya urusannya masing-masing dan tidak peduli dengan kamu. Manfaatkan momen tersebut, untuk terbiasa mengunggah karya yang sudah kamu buat. Untuk penjelasan lebih lengkap, kamu bisa menonton video berikut ini.


[[embed]]youtube=ecbyyu9v7IY[[/embed]]







avatar izzan1995

Ditulis oleh @izzan1995

""