No-Code VS Programmer

Saat ini, mungkin teman-teman sudah pernah mendengar apa itu no-code tools. Bagi kalian yang baru mendengar, no-code tools merupakan sebuah cara yang saat ini semakin populer di mana, seseorang atau suatu perusahaan bisa membuat suatu produk seperti website atau mobile app tanpa bantuan koding. Sebagian dari kalian yang baru akan memulai belajar koding pasti bertanya-tanya. Kalau di masa depan nanti no-code tools semakin populer, berarti sia-sia dong saya belajar koding? Eits tenang, berikut beberapa alasan seorang programmer tidak perlu takut dengan semakin populernya no-code tools.


[[table-content]]


No-Code Tidak Bisa Menyelesaikan Semua Masalah


Hampir semua orang bisa mencuci kendaraan yang dia pakai, namun mengapa tempat steam mobil/motor masih ramai. Masing-masing orang memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Bisa jadi orang yang memilih untuk mencuci kendaraan di tempat steam mobil tidak memiliki cukup waktu, atau tidak memiliki kepercayaan diri untuk bisa mencuci kedaraannya dengan bersih. Sama halnya dengan penggunaan no-code tools. Beberapa orang atau perusahaan lebih memilih untuk tidak menggunakan no-code tools karena masih ingin membuat sesuatu yang bisa dicustom atau sesuai dengan preferensinya. Dengan demikian programmer masih sangat dibutuhkan.


No-Code Dibuat Oleh Programmer


Bayangkan apabila no-code tools semakin lama semakin populer dan hampir semua orang menggunakan no-code tools. Sehingga, mereka perlu memilih no-code tools yang terbaik. Pada kasus tersebut, sebenarnya programmer memiliki celah atau peluang untuk membuat no-code tools yang terbaik. Hingga kini, perusahaan-perusahaan yang membuat no-code tools masih terus mencari pegawai atau programmer yang bisa mengembangkan no-code tools agar produknya tersebut bisa semakin canggih. Dengan demikian, semakin berkembangnya no-code tools, semakin membuka banyak lapangan pekerjaan untuk programmer.


No-Code Itu Teman Kamu


No-code tools dibuat untuk memudahkan. Sebenarnya programmer bisa memanfaatkan no-code tools untuk mempermudah project yang sedang dikerjakan. Programmer bisa mengkombinasikan no-code tools dengan kodingan yang dibuat. Misalkan ada suatu elemen yang kamu perlukan untuk suatu project, dan elemen tersebut bisa kamu dapatkan melalui no-code tools. Daripada membuat elemen tersebut dari nol, kamu bisa memanfaatkan no-code tools tersebut. No-code tools bukanlah musuh, melainkan teman yang dengannya kita bisa berjalan bersama untuk membuat sesuatu yang lebih cepat dan lebih efisien biaya atau waktu yang dikeluarkan.


No-Code Itu Bisnis Menarik


Programmer bisa dibilang sudah terbiasa membuat project dari nol. Apabila kamu memiliki skill bisnis atau tertarik untuk menjual sesuatu, kepopuleran no-code tools adalah suatu kesempatan yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang.


No-code tools memiliki sisi positif untuk programmer. Mereka bisa terbantu untuk bisa menyelesaikan project lebih cepat. Untuk kamu yang memiliki jiwa bisnis, kamu memiliki kesempatan untuk menemukan bisnis atau peluang baru. Jangan takut untuk mengeksplor no-code tools. Semakin besar no-code tools yang dibuat oleh sebuah perusahaan, semakin besar peluang programmer untuk mendapatkan pekerjaan. Untuk penjelasan lebih lengkap, kamu bisa menonton video ini.


[[embed]]youtube=06C9S18K3uY[[/embed]]


avatar izzan1995

Ditulis oleh @izzan1995

""