Memulai melangkah di dunia IT.

Pertanyaan yang banyak ditanyakan ketika kita ingin berlajar di dunia IT. "Harus Kemana ?". Semoga Tulisan dibawah bisa menjawab pertanyaan teman teman semua :D


Sebelum memulai, kita harus tau terlebih dahulu apa itu program?


Program atau Perangkat lunak atau Software adalah sekumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu.


Terus Apa sih pemrograman ?

Pemrograman itu adalah Proses pembuat, menambahkan, membangun, dan maintenance software suatu program.


Kemudian banyak yang bertanya tentang, siapa sih Programmer itu?

programmer adalah seseorang yg memiliki kemampuan merancang syntax menggunakan bahasa pemrograman.


Nah setelah tau dasar dasar dari semua itu, kemudian apa saja sih yang harus disiapkan sebelum mulai belajar pemrograman ?


Niat.

Tentu Semua gak akan jalan jika kita engga ada niat untuk mulai melangkah. Tapi ya

tentu saja ketika kamu baca artikel ini, pasti sudah ada niat untuk mulai melangkah di dunia IT 😌


Belajar Algoritma & Struktur data.

Algoritma adalah langkah langkah atau tahapan untuk menyelesaikan suatu masalah secara logis dan terstruktur


Struktur data adalah bagaimana kita memanajemen sebuah data agar tidak memakan memori dan kinerja prosesor


Melatih belajar studi kasus.

Nah ini cara paling efektif untuk belajar. Coba tantang diri kamu belajar dari studi kasus, kamu akan terlatih bagaimana menyelesaikan masalah. Implementasikan Algoritma yang telah kamu pelajari.


Mau ngebuat apa nanti.

Nah, ini berkaitan dengan poin sebelumnya, kita harus tau tujuannya mau apa, contohnya mau buat website. Terus websitenya mau tentang apa ? dan mau pake teknologi apa disana.


laptop/pc sesuai kebutuhan.

Nah bisa diibaratkan Laptop atau PC itu kaya Pisau untuk seorang Chef, Chef tanpa pisau engga akan bisa menciptakan suatu produk. Begitu pula dengan IT. Kita mungkin masih bisa corat coret pakai kertas dan pulpen ketika ingin ngebuat Algoritma suatu program. Tapi tentunya tools yang kita gunakan engga cuma itu saja. Sebagai Programmer khususnya, setidaknya kita harus punya Laptop/PC.

Terus gimana jika kita yang engga punya laptop/pc ? Ini mungkin menjadi dilema kita sendiri. Namun perlu diingat, terkadang untuk meraih sesuatu harus mengorbankan sesuatu juga. Pertukaran setara. Ketika kita ingin berkembang lebih baik, kita harus mengeluarkan sedikit material.


Text Editor/IDE.

Ini yang menjadi alat 'perang' kita setelah mempunyai laptop. Setiap chef tentu punya dapurnya masing masing, nah Programmer juga punya dapurnya! Namanya Text Editor dan IDE.


Apa itu Text Editor?

tools/ alat yang digunakan untuk mengolah code / source code kita, ukurannya terbilang kecil dan comfortable dengan banyak bahasa pemrograman.


Apa itu IDE?

Sama halnya dengan text Editor, namun memiliki Efisiensi dan fitur yang lebih banyak, dan biasanya digunakan untuk bahasa pemrograman tertentu dan ukurannya terbilang cukup besar dan berat



Memilih Dunia Pemrogramman.

Setelah semua alatnya sudah siap, Kita harus menentukan dunia pemrograman apa yang akan di perdalam untuk menyelesaikan masalah/studikasus kita. Pertanyaanya adalah Mau kemana ?


Ada banyak Dunia IT itu. mungkin saya hanya akan menyebutkan beberapa saja.

  • Ada Dunia Web => Dunia dimana kamu akan berinteraksi banyak hal dengan internet dan website.
  • Ada Dunia Desktop => Dunia dimana kamu akan membuat aplikasi aplikasi GUI di desktop.
  • Ada Dunia Mobile => Dunia Smartphone! Kamu akan ngebuat aplikasi Mobile.
  • Ada Dunia AI => Dunia Kecerdasan Buatan/Artificial Intelligence. Dunia dimana kamu akan buat robot pintar! Machine Learning! dan banyak lagi.


4 Dunia ini yang sekarang lagi rame dibicarakan. Dan tentunya semakin rame dibicarakan, maka persaingannya makin rame juga.


Mental Programmer.

Terakhir dan paling fatal menurut saya. Mental. Sebagai programmer kita harus terlatih untuk sabar menghadapi 'cobaan'. Bagaimana menghadapi bug, bagaimana menghadapi persaingan antar programmer, bagaimana menghadapi dunia kerja nanti, atau bahkan bagaimana menghadapi client yang rewel.


Mental harus siap setiap saat. Kita harus kuat ditempa banyak masalah. Logika Algoritma kita akan di asah disini. Menyelesaikan semuanya secara efisien dan diusahakan tidak menimbulkan masalah lain.


Kesimpulan

Sebelum melangkah, kita harus tau step by step untuk memulai sesuatu. Sangat panjang sekali memang. Namun kita harus melalui semua itu. Tetap menjadi Programmer yang semangat belajar, Mental yang kuat dan Berfikir se efisien mungkin.


Sehat sehat terus teman teman semua :D







avatar randynetworks

Ditulis oleh @randynetworks

"Untuk meraih sesuatu, harus mengorbankan sesuatu juga."