Alasan Kenapa Belajar Bahasa Inggris Penting Untuk Koding

Saat ini sudah banyak tutorial-tutorial dan kelas-kelas untuk belajar koding yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Setelah itu m...

cover Alasan Kenapa Belajar Bahasa Inggris Penting Untuk Koding

Saat ini sudah banyak tutorial-tutorial dan kelas-kelas untuk belajar koding yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Setelah itu muncul pertanyaan, "apakah bahasa Inggris masih digunakan untuk belajar koding?" Jawabannya iya, sangat perlu. "Jika kita tidak cukup fasih berbahasa Inggris apakah kita tidak bisa jago koding?" Tidak juga, tetapi banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan apabila kamu bisa berbahasa Inggris minimal secara pasif, sehingga kamu bisa membaca dan mengerti konten berbahasa Inggris. Berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa bahasa Inggris diperlukan selama kamu belajar koding.

Hampir setiap bahasa program memiliki unsur-unsur bahasa Inggris

Setiap bahasa program mengandung kata dalam bahasa inggris. Beberapa syntax seperti if-else, do-while, variable, loop, dan lain-lain merupakan kata serapan dari bahasa Inggris. Oleh karena itu, mengerti atau mengetahui arti kata perkata sangat membantu kamu untuk mengetahui fungsi dan mengetahui kapan syntax-syntax tersebut sebaiknya digunakan agar kode yang kamu tulis semakin efektif.

Sumber belajar koding paling banyak menggunakan bahasa Inggris

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, saat ini sudah banyak tersedia sumber belajar koding yang menggunakan bahasa Indonesia. Namun, sebagian besar buku literasi, forum tanya-jawab atau konten belajar koding mayoritas masih menggunakan bahasa Inggris. Belum lagi jika kamu mau belajar framework baru yang sumber belajarnya masih sangat terbatas dan hanya bisa dipelajari melalui dokumentasi resmi, yang sudah pasti ditulis dalam bahasa Inggris. Dalam proses belajar, sebaiknya kita tidak boleh bergantung pada orang lain untuk menerjemahkan dokumentasi tersebut ke bahasa yang kita gunakan. Oleh karena itu, ketika kita paham untuk membaca atau menkonsumsi sebuah konten dalam bahasa inggris, akan sangat membantu dalam proses belajar kita.

Sumber belajar tanpa batas

Bahasa Inggris sangat kamu perlukan apabila kamu tidak ingin membatasi sumber belajar dengan mempelajari materi di luar materi perkuliahan, atau materi kursus yang kamu ikuti. Kalau kamu punya keinginan untuk belajar secara terbuka, baik di internet ataupun di dunia ini, bahasa Inggris merupakan bahasa pemersatu dunia. Jika kamu mau bertukar ide, bertukar inspirasi, melakukan tanya-jawab melalui forum, mayoritas bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Bayangkan jika kamu bertemu suatu masalah, kemudian kamu mencari solusinya di internet. Kemungkinan besar masalah tersebut sudah pernah ditanyakan atau dibahas oleh orang lain di belahan dunia yang lain. Oleh karena itu, dengan mengetahui kata kunci yang tepat dalam bahasa Inggris, akan memperbesar kemungkinan kamu dalam menyelesaikan masalah yang kamu hadapi.

Mendapatkan peluang kerja yang lebih besar

Ketiga alasan di atas merupakan keuntungan yang kamu dapatkan apabila kamu bisa berbahasa Inggris minimal secara pasif. Namun, akan ada manfaat yang lebih besar apabila kamu berbahasa Inggris secara aktif. Salah satu keuntungannya kamu bisa mempunyai peluang kerja yang lebih besar. Beberapa perusahaan top di Indonesia mensyaratkan karyawannya untuk berkomunikasi sehari-hari dengan menggunakan bahasa Inggris atau minimal sekali melakukan proses interview dengan menggunakan bahasa Inggris. Apabila kamu berbahasa Inggris secara aktif, kamu telah memenuhi salah satu kualifikasi untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Belum lagi jika kamu ingin mencoba berkarir di luar negeri baik bekerja secara remote ataupun bekerja di negara tersebut, aktif berbahasa Inggris merupakan syarat mutlak agar keinginan kamu tersebut bisa terwujud. Dengan demikian, bahasa Inggris merupakan salah satu jalan kamu untuk membuka kesempatan kerja agar lebih luas lagi dan tidak terbatas di Indonesia saja ketika kamu bisa berbahasa Inggris.

Karena itu sangat disarankan agar kamu mulai belajar bahasa Inggris dengan serius. Sisihkan uang dan waktu untuk mempelajarinya. Dengan berbahasa Inggris secara aktif dan pasif, bukan hanya pintu koding yang akan terbuka, banyak ilmu lain yang bisa kamu dapatkan saat kamu bisa berbahasa Inggris. Untuk penjelasan lebih lengkap, kamu bisa menonton video ini.

[[embed]]youtube=ANcCdY1QY5k[[/embed]]

avatar izzan1995
@izzan1995

0 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 1 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban