Belajar Hosting

Web hosting adalah layanan yang membuat website kita bisa diakses oleh semua orang dari mana saja dan kapan saja

gambar blog
Kalau kamu sudah selesai membuat website di komputermu sendiri. Masih ada lagi yang diperlukan agar website kamu bisa diakses oleh semua orang dari mana saja dan kapan saja. Untuk bisa digunakan, kamu perlu menyimpan kode mu ini di suatu tempat dan bisa dijalankan. Inilah Hosting.

Di bagian hosting ini kamu akan mengatur urusan server dan juga database. Untuk website statis, kamu punya opsti untuk mencari hosting gratis seperti di github pages, netlify, surge dan banyak lagi. Kalau kamu menggunakan nodejs, untuk website dinamis, ada juga opsti seperti zeit.co/now atau di firebase. Kamu bisa mulai bereksperimen membuat sesuatu dan menampilkannya ke banyak orang.

Jangan lupa membeli Nama Domain, agar kamu punya alamat yang mudah diingat orang dan bisa dikunjungi seperti google.com atau website ini sekolahkoding.com, tanpa membeli nama domain, kamu hanya punya alamat berupa rangkaian nomor yang sulit diingat. Dimana bisa membeli nama domain? dimana saja! kamu bisa cari "beli nama domain" di google, sebagian besar layanan hosting juga sudah menyediakan ini.


Apa perbedaan antara Shared Hosting dan cloud VPS ?

Shared hosting adalah hosting yang pada dasarnya ada satu server komputer yang kamu bagi dengan beberapa orang lain. Karena itu harganya cenderung lebih murah, efek dari kamu berbagi sumber daya. Share hosting juga biasanya menyediakan control panel, di mana kamu punya dashboard untuk mengelola websitemu. Mereka sudah menginstall program tertentu dan kamu tinggal pakai lewat User Interfacenya, seperti mengurus domain, database dan masih banyak lagi.

Semantara cloud VPS atau Virtual Private Server kamu seperti punya komputer server sendiri, karena itu harganya normalnya lebih tinggi dibanding shared hosting. Namum dengan punya komputer sendiri, kamu punya fleksibilitas yang lebih karena bisa mengatur apa saja yang ingin kamu install di sini, persisi sama dengan komputermu.

Untuk VPS juga kamu perlu memahami apa yang ingin kamu install, karena dia sama seperti menyewa rumah kosong, kamu yang perlu mengisi perabotannya sendiri, seperti menginstall server apa yang kamu mau pakai, apakah nginx, apacahe atau yang lain, atau memilih database yang kamu ingin, mysql kah atau apapun, semuanya perlu kamu install sendiri. Meskipun sudah banyak layanan cloud VPS yang memberikan fitur "1 click install" di mana kamu bisa memilih stack yang kamu inginkan dan tinggal diklik, mereka akan menginstallkannya untuk kamu.


Informasi kupon diskon hosting

Butuh shared hosting? Niagahoster ngasih diskon banyak ditambah 50.000 rupiah, dengan menggunakan kupon: SK50 , link hosting dengan niagashoter

Butuh layanan cloud VPS? Digitalocean punya bonus 100$ untuk kamu, dengan menggunakan link referal sekolahkoding ini https://m.do.co/c/add83b15b18d



Daftar Kelas
Cara Hosting Website

Belajar bagaimana cara hosting website yang sudah kita buat, ada berbagai macam jenis hosting yang akan kita coba di kelas ini!

Cara Hosting di VPS 

Apa perbedaan VPS dengan shared hosting? apa keunggulannya? Bagaimana cara melakukan hosting di vps seperti digital ocean? temukan jawabannya disini 
Tag: Kenapa belajar Hosting, Mengenal apa itu Hosting, Di mana mulai belajar Hosting, mulai dari mana belajar Hosting , tutorial Hosting bahasa indonesia untuk pemula dari dasar, apa kegunaan Hosting, bagaimana cara menggunakan Hosting, belajar bertahap Hosting, kursus online Hosting
premium logo tube

Hey, sedang ada diskon premium untuk akses semua kelas. Lihat di sini