Assalamualaikum, salam! Hi semuanya!

Sekolah koding dimulai dengan berbagai macam alasan. Salah satu alasannya adalah tutorial programming dalam bahasa Indonesia masih sangat kurang, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Di waktu yang sama, zaman terlalu modern, tidak akan menunggu yang tidak mau belajar. Startup digital terus berjamuran, usaha-usaha tradisional mulai bingung dengan kehadiran internet. Kebutuhan programmer semakin meningkat, secara kuantitas apalagi kualitas. Indonesia kembali akan duduk di bangku penonton kalau tidak ada yang mulai serius terjun ke dunia programming.

Saya tidak berharap dalam waktu cepat, mungkin butuh beberapa bulan bahkan tahun untuk melihat hasilnya, tapi kalau tidak dimulai, jangan sampai kita hanya menyesal dan mengeluh di bagian akhir. Teman-teman bisa mulai membuat karya yang menyelesaikan berbagai masalah di Indonesia bahkan dunia, atau saling mendukung, bekerja di tempat yang sudah lebih dulu berjuang menyelesaikan masalah tertentu.

Tidak banyak yang bisa saya kontribusikan, semoga ini bisa berpengaruh positif ke dunia programming dan ekonomi di Indonesia, Mohon doa dan dukungan teman-teman biar tujuannya bisa tercapai. Selamat berkarya, nikmati prosesnya!

Hilman Ramadhan