Refactoring dan eliminasi dalam programming

Merasa program kamu sudah selesai? “Salah! program ngga akan pernah selesai” Setiap program yang kita rasa sudah cukup bagus hari ini, besok masih bis

Merasa program kamu sudah selesai? “Salah! program ngga akan pernah selesai” Setiap program yang kita rasa sudah cukup bagus hari ini, besok masih bisa diperbaiki.

Refactoring, cukup sulit menemukan arti kata bahasa indonesia yang tepat untuk ini, yang jelas aktivitas ini digunakan untuk melihat kembali dan menulis ulang kode yang sudah berjalan, bukan menambah fungsi baru, dengan tujuan membuat kode kita lebih rapi, mempermudah mencari ketika ada error dan mudah menambahkan fungsi-fungsi baru nantinya.

“Kode yang indah ditulis, akan indah dibaca”. Hari ini mungkin benar programnya sudah selesai, tapi bagaimana kalau besok ada tambahan ide baru? atau client ingin menambahkan fitur lainnya? Jangan menyiksa diri, dengan menulis kode yang sulit dibaca. Bukan hanya ketika ada waktu, tapi perlu dijadwalkan untuk melakukan “refactor” untuk kode yang lama.

Bisa jadi ada kode yang punya fungsi sama tapi kita tulis berkali-kali, disini kita bisa membuatnya lebih efisian dengan membuat satu fungsi general, yang bisa diakses berkali-kali. Atau melihat ada satu fungsi yang melakukan banyak hal, sangat disarankan untuk setiap fungsi hanya melakukan satu hal saja, ngga lebih.

Pecah fungsi tadi jadi beberapa bagian, yang tugasnya masing-masing jelas melakukan satu hal. Ada banyak lagi bentuk praktek dari refactoring.

Eliminasi ngga kalah penting atau secara kasar bisa kita artikan menghapus kodenya. Saya sering meninggalkan kode begitu saja, padahal sudah tidak terpakai, hanya dikomentari agar tidak ikut berjalan. Padahal kalau memang sudah tidak terpakai kenapa ngga dihapus? Semakin sedikit kode yang kita tulis, akan semakin mudah mengorganisirnya, akan semakin mudah menambahkan fitur-fitur baru nantinya.

Perhatikan berkali-kali kalau ada bagian dari kode kita yang tidak terpakai, berani mengeliminasi! Contoh lain seperti mengambil data semua kolom di table database, padahal tidak semua diperlukan. Ambil hanya yang diperlukan saja, berani eliminasi!

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban