Sudah cukup umur belum?

Hay, saya Juan berusia 14 tahun kelas 3 SMP. Sebelum bertanya saya akan jelaskan terlebih dahulu kronologisnya (agak panjang hehehe)

Pertama kali kenal dengan kode-kode yg dapat merangkai program, saya sangat tertarik untuk mempelajarinya dan saya sangat suka ngoding. Menantang saya untuk berpikir lebih kreatif dan saya sangat menyukai itu.

Mulailah saya pada membuka situs sekolah koding (pada waktu itu situs ini belum berupa pelajaran video tapi simulasi koding). Tapi sempat terhenti karena ngurus sekolah dulu.

Lalu saat masa padat sekolah telah usai saya coba mencari tutorial ngoding eh ketemu lah sama channel youtube sekolahkoding.

Akhirnya saya sudah mahir html dan css dan mau lanjut belajar javascript tapi saat itu saya bertanya-tanya:

Bergunakah bagi saya sekolah koding pada usia segini atau hanya buang2 waktu? Apa gunanya? Apakah sebaiknya saya belajar koding setelah lulus SMA? Kira-kira bisakah saya menciptakan sesuat dari koding di usia belia ini?

Terima kasih.

avatar HillyProgramer
@HillyProgramer

5 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

7 Jawaban:

Menurut saya sih berguna bro, semua ilmu yang dipelajari gk pernah sia-sia, karena belajar itu ibarat mencari kepingan-kepingan puzzle :D. Dan belajar koding itu tidak mengenal umur. Malahan saya pernah baca di luar negeri untuk SMP atau SMA itu sudah mulai ada mata pelajaran kodingnya walaupun lebih ke Algoritmanya sih.

Semakin cepat belajar koding, tentunya semakin banyak ketemu error dan dapat pengalaman dari sana.

Kalau masalah bisa berkarya, tentunya bisa. Ada banyak diluar sana anak2 yang masih SMP sdh bisa berkarya.

Satu lagi, jangan lupa kata om ini : “Everybody in this country should learn to program a computer, because it teaches you how to think” — Steve Jobs

avatar IfanZalukhu
@IfanZalukhu

217 Kontribusi 158 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Tergantung, hobi kamu apa?. Kalau masih muda menurut saya pelajari banyak hal. Nanti yang cocok tinggal diasah sesuai obsesi kamu.

avatar DennyKurniawan
@DennyKurniawan

62 Kontribusi 22 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

first of all, respect for you.. jadi begini ya adik @hillyprogrammer, seorang programmer itu tidak dipandang dari apa jenjang pendidikan yang telah ia lalui.. seorang programmer itu ditinjau dari pengalaman dia..

awal yang baik kamu sudah mengerti html, css dan js di usia kamu saat ini.. kamu akan ditunggu oleh kemenangan mu pada perlombaan LKS SMK dalam bidang Web Design & Development.. semoga kamu yang akan mewakili indonesia di ajang internasional. Semangat Belajar!

avatar hellogerafis
@hellogerafis

17 Kontribusi 1 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

menurut saya mulai dari umur segitu tidak masalah,

dulu saya mulai tertarik didunia coding-codingan itu kelas 3 smp pas mau lulus lagi,

diusia seperti itu lebih bagus digunakan belajar coding menurut saya karena nantinya akan terus penasaran dengan hal coding-codingan,

sampai sekarang saya terus belajar sesuatu yang baru. dulu sih cuman buat aplikasi aja sederhana, lalu ke blogspot, trus wordpress, trus bikin olshop dengan CI, dan sekarang belajar React Js yang katanya empunya sini, wajib dipejari buat 10 tahun kedepan

avatar maszgalang
@maszgalang

297 Kontribusi 80 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Halo, terima kasih

avatar febyjemskey
@febyjemskey

33 Kontribusi 4 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Berguna dong, saya menyesal kenapa gak diajarin coding waktu TK. biar sekarang tinggal praktek dan buat-buat projek besar. kenapa saya taunya ketika udah kuliah :(

-- "Lebih cepat lebih baik"

--JK

avatar thomsonmail
@thomsonmail

126 Kontribusi 25 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Ngoding gk ada batas usia :v (SU)

avatar driyan
@driyan

193 Kontribusi 109 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban