Keresahan menjadi jack all of trades

Latar Belakang

Saya ingin sedikit bercerita hal non-teknis di section komunitas ini yang seharusnya di isi pertanyaan (yang kebanyakan) masalah teknis pemrograman.

Singkatnya saya bekerja di salah satu perusahaan, perusahaan ini berjalan di industri yang jauh dari pembuatan software lah bisa dikatakan. Dan saya menempati posisi sebagai Staff IT, awalnya saya mengira pekerjaannya yaitu seputar benerin komputer, jaringan, printer (ini serius btw haha), dsb yang mayoritas berhubungan dengan perangkat keras.

Tetapi setelah saya diberitahu bahwa ada beberapa system yang berjalan (semuanya berbasis web atau sering disebut web-app) di perusahaan tersebut lambat laun saya "mengurus" system tersebut manakalah ada menu/fitur yang ingin ditambahkan.

Sebenarnya ini bukan sesuatu yang mengejutkan, karena di awal interview (dan saya cantumkan di cv) bahwasanya saya pernah membuat software yang berbasis web, maka wajar apabila mereka mempunyai ekspektasi bahwa saya bisa meng-handle system yang ada.

Hari demi hari saya mempelajari kode-kode yang berada di server perusahaan, untungnya hampir semua system berjalan di atas framework CodeIgniter dan ya, saya lumayan familiar dengan hal tersebut.

Singkat cerita beberapa menu yang kita butuhkan berhasil saya buat, yeay!!!

Oh ya sedikit tambahan informasi, divisi IT sendiri memiliki 4 anggota termasuk saya, tetapi (sedihnya) hanya saya yang mengerti pemrograman. Sebelum saya bergabung dengan divisi IT, mereka mengatakan kalau-kalau mereka membutuhkan menu/fitur atau bahkan system tambahan, mereka selalu menggunakan vendor.

How?

Masalahnya adalah, ketika saya mengalami stuck atau butuh "pencerahan" saya merasa buntu dan sendiri, mau tidak mau saya harus mencari jalan keluar sendiri juga, entah tanya forum online atau tanya teman lama yang dahulu satu kelas dan mengerti pemrograman.

Sering saya berpikiran untuk mencari mentor, tapi siapa dan bagaimana cara untuk reach out-nya.

Bagaimana menurut kalian yang para pembaca?

avatar yuxxeun
@yuxxeun

91 Kontribusi 48 Poin

Diperbarui 5 bulan yang lalu

1 Jawaban:

Terima kasih sudah berbagi, sangat boleh ko share hal non-teknis di forum ini. Sangat mungkin membantu orang lain di masalah yang sama.

"Harus mencari jalan keluar sendiri". Kamu ngga sendiri ko, hampir semua dari kita harus mencari jawaban di internet termasuk forum online. Jadi ini sangatlah normal. Karena itu ada banyak tutorial di youtube, blog, dan lainnya, karena memang banyak orang yang belajar kodingnya otodidal.

Adapun jika ingin mencari mentor, bisa dicek di situs seperti https://adplist.org/ , setahu saya ada beberapa orang Indonesia yang siap menjadi mentor di sana.

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 5 bulan yang lalu

Login untuk ikut Jawaban