Skill minimum (back end) dikatakan siap untuk dunia kerja?

Halo para atlet keyboard.. Arah dari pertanyaan saya sebenernya pengin tahu, kalo kita belajar di lingkup backend kemudian tertarik untuk mengerjakan project (dalam artian 'bekerja' secara freelance) indikator kita udh pantas untuk bergabung di dunia tsb apa? Mungkin dari temen-temen yg udah punya pengalaman sebagai freelance/kantoran bisa menyebutkan tuntutan yg harus dikerjakan atau poin-poin yg sering digunakan dlm pekerjaan. Jadi mungkin bisa mencerahkan kita yg masih ragu-ragu hehe. ... Ngomong-ngomong selamat tahun baru 2018. Terima kasih.

avatar Biobii
@Biobii

74 Kontribusi 34 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

13 Jawaban:

Pertanyaan yang mantaps gan... Jadi pengen tahu apa jawaban, dri para senior...

avatar datrosumendong
@datrosumendong

201 Kontribusi 38 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Iya gan, sama penasaran hihi

avatar Biobii
@Biobii

74 Kontribusi 34 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

ikut nyimak..

avatar nataa
@nataa

35 Kontribusi 7 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

avatar bangadam
@bangadam

18 Kontribusi 7 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Ane kemaren kerja di sisi backend (handling server services), kemudian muncul pertanyaan dari atasan, kamu bisa coding ? ane jawab bisa kemudian tambah lagi kerjaan yaitu ikut ngoding bareng tim programmer, dan sampai akhirnya ane terus ikut ngoding dan tetap ngurus backend juga dikantor. Bukan ada maksud yang gimana sih, tapi menurut ane skill minimum itu kayaknya jangan jadi pembatas gan, kalo merasa mampu ya coba aja sih siapa tau cocok, tapi kalo sekiranya emang belum merasa mampu mungkin ditahan dulu, toh gak ada paksaan juga. Begitu sih pengalaman ane sejauh ini :D

avatar nubilfi
@nubilfi

8 Kontribusi 4 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Kalau pengalaman gua sih, kebetulan sekarang kerja kantoran Backend Developer, yang dibutuhkan bukan cuman skill coding aja.

Coding cuman 30%, 20% logika berfikir (pokok nya gimanapun caranya backend harus bisa membuat sesuatu yang nggak mungkin jadi mungkin), 50% lainnya agan harus nguasain sistem jaringan, network, server, dunia per DB an, dunia per Cluster an, dunia per IP an, dunia per Firewall an, arsitektur atau ISA, security network, dll.

Pokoknya banyak Gan, soalnya backend itu bagian paling fatal.

avatar dalikewara
@dalikewara

351 Kontribusi 260 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Jawaban Terpilih

Hallo gan, sy bukan senior, masih newbie juga, tp alhamdulillah udah bekerja kantoran jd full stack developer, kalo pengalaman sy dikantor sih, yg paling demanding dari backend itu sebenernya "kepahaman antum tentang gimana sebenernya web itu bekerja"... artinya antum harus paham gimana runutannya mulai dari user ketik url. url nya pergi kemana, siapa yg handling, apa itu dns, apa itu IP, terus dr situ pergi ke server, di server gimana request itu di handling, apa itu load balancer, apa itu vps, gimana rutenya satu request itu muter2 dari satu server ke server yg lain baru dari situ masuk ke coding, gimana kita bisa supply informasi2 yg dibutuhkan di frontend. gimana kita bisa ngamanin informasi biar gak "bocor", dll...

intinya, kepahaman antum ttg gimana web itu bekerja secara general, yg akan ngebantu antum buat bisa sukses di backend.

with that said. jangan jadi takut atau males, everything comes with time kok, sy juga awalnya cuma tau ngoding2 frontend biasa aja, pas baru masuk kantor kaget juga, ngelihat betapa banyaknya yg gataunya sy belum ngerti (soalnya biasanya semuanya kerasa ky magic aja, kita nulis kode, bisa langsung keluar gambar, tulisan dll di monitor, tanpa tau apa yg terjadi "dibalik layar", nah kalo antum belajar gimana backend itu bekerja, jadi gak magic lagi, semuanya jd masuk akal) sy beruntung banget, karna dikantor sy di training abis2an, pihak kantor mau sabar nerima anak newbie ky sy,

saran sy buat antum kalo emg tertarik mau ke backend, coba pelan2 ngerjain proyek sendiri. gak ada cara belajar terbaik, selain praktik. mulai deh bikin webapp dari 0. sampe jadi di deploy. pertamanya coba deploy ke shared hosting dulu, bikin webapp pake stack yg udah umum, kaya LAMP... nah kalo udah mulai percaya diri, baru bikin webapp pake stack yg rada khusus, kaya ruby, python, dll... jd antum musti belajar deploy di vps, atau dedicated server. nah dari itu semua pasti mau gak mau antum akan belajar, "the magic behind the curtain" kalo antum udah sukses deploy beberapa webapp ke vps atau dedicated server sendiri, apalagi webappnya udah dipake banyak org (karna untuk scale-up webapp juga butuh banyak ilmu) sy rasa antum udah bisa pede buat daftar kerjaan backend.

ps. kalo pun belom pede, daftar dulu aja juga gak papa. asal jgn bohong. bilang apa yg antum belum paham, beberapa perusahan punya toleransi yg besar sama new recruit. antum bisa di training abis2 an di awal ky sy, which is a good thing.

yg terpenting sih, kaya kata bg hilman, "jgn lupa bahagia" :D

avatar dariant31
@dariant31

7 Kontribusi 12 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Menarik banget mas pengalamannya. Beberapa cukup menjawab pertanyaan saya. Dan untuk proses recruitment biasanya tes live coding seperti apa mas?

avatar Biobii
@Biobii

74 Kontribusi 34 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Halo Mas Biobi, bantu jawab untuk live coding. Saya developer di Bukalapak dan ikut juga nge-interview calon engineer di sini.

Tahap yang pertama itu remote. Peserta akan dikasih soal yang isinya logika-logika dan algoritma. Mirip-mirip soal di hacerrank.com. Karena remote tentu ngerjainnya bisa di mana saja

Kalau itu lolos, lanjut tahap selanjutnya yaitu live coding. Soalnya masih seputar logika juga, ga ada yang spesifik ke teknologi tertentu. Setelah selesai live coding akan ada ngobrol-ngobrol biar ketahuan ilmu teknologinya sudah seberapa.

Kalau itu lolos lagi, masuk ke penetuan. Di tahap ini ketemunya engineering manager atau bisa juga vice president of engineering.

avatar agungsetiawan
@agungsetiawan

6 Kontribusi 3 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

kudu semangat lagi ngodingnya

avatar rezulkarnain
@rezulkarnain

7 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

ternyata dari jawaban para senior tidak ada kata minimum untuk terjun ke dunia kerja, langkah yang paling bagus adalah bikin sesuatu dulu, biar kita bisa mengukur kemampuan kita sampai mana. selama gak ada yang dihasilkan berarti masih nol dan belum ada apa2nya... benar gak? maap kalo ada kata yang salah... hehehehe...

avatar datrosumendong
@datrosumendong

201 Kontribusi 38 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Maaf oot Saya butuh bantuan master2 sekalian untuk mampir ke pertanyaan saya disini https://www.sekolahkoding.com/forum/get-id-dari-table-yg-ditampilkan-ke-modals

Saya butuh bantuan master2 sekalian. Mohon bimbingannya :D

avatar azizah
@azizah

7 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

@agungsetiawan Wih ada mas Agung, kebetulan beberapa kali saya juga baca-baca di blog mas. Terima kasih mas udah ngasih jawaban, saya jadi punya gambaran lagi saat ada di dunia kerja nanti. Dan umumnya setiap kantor apa selalu ada training untuk programmer yg baru bergabung?

avatar Biobii
@Biobii

74 Kontribusi 34 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban