Kenapa perlu menyimpan created_at dan updated_at pada database

Saat melihat tutorial dimanapun ketika membuat table di database, biasanya kamu akan melihat kolom created_at (kapan dibuat) dan juga updated_at (kapan terupdate) disana.

Kenapa sih perlu seperti ini? saya tidak tahu sejarahnya, yang jelas yang dialami sekarang, akan jauh lebih mudah ketika kamu butuh 'memainkan data'. Misalnya mau melihat data user, dengan data 'created_at' akan terlihat berapa orang yang mendaftar, atau 'updated_at' bisa melihat seberapa banyak yang aktif.

Akan sulit untuk melihat fitur tertentu di website kamu betul-betul digunakan, atau dulu digunakan tapi sekarang tidak lagi, ketika tidak ada acuan data, kapan terakhir bagian ini terpakai atau kapan terakhir bagian ini terupdate. Karena itu menyimpan waktunya menjadi penting.

Bagaimana caranya? sesuai yang tertulis diatas kamu cukup menambahkan ke tablenya! contoh membuat forum ini. Kamu tinggal membuat table 'forum' dengan data id judul created_at updated_at , dimana created_at mengambil waktu otomatis saat forumnya dibuat, dan updated_at setiap ada aktivitas disana.

Semoga bermanfaat

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

1 Jawaban:

Bermanfaat Mas,,

Karna mau lebih singkat, biasanya saya menulis nya dengan "created" dan "updated"

Dan untuk mencegah perselisihan antara admin, saya selalu membuat "creator" dan "updator" yang bertujuan agar semua admin bisa tahu siapa yg menambahkan data tersebut, dan siapa yang terakhir kali merubahnya.

Jadinya gak ada yang saling tuduh deh ^_^

avatar zifahnet
@zifahnet

3 Kontribusi 4 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban