verifikasi dan validasi transfer e-commerce

Hallo semuanya.. Saya sangat penasaran nih dengan sistem ecommerce yang sangat menarik bagi saya yaitu tentang sistem pembayaran transfer dengan kode unik

nah jika logikanya disitu tinggal kasi kode unik misal harga 1.000.000 jd 1.000.021 nah trus cocokan dengan transfer yang masuk jika kode unik sama maka akan tervalidasi , nah masalahnya biar kita bisa ngambil data misalkan di m banking trus masuk ke database kita gmn caranya ya atau harus kerjasama dengan bank atau ada cara lain ?

atau mengecek dengan cara manual , tp sangat mustahil bagi website bukalapak dan tokopedia (yang sudah pernah saya coba) untuk melakukan verifikasi manual , yang jelas setiap menit bisa >100 transaksi , kebayang kan kalo masih verifikasi manual hehehe.

ini sangat menarik untuk dibahas .Terimakasih :D

avatar dacevezaq
@dacevezaq

57 Kontribusi 5 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

8 Jawaban:

Jawaban Terpilih

Pertama, ngga semua toko menggunakan konsepi 1.000.000 menjadi 1.000.021, ada yang namanya kode transfer, yang dimasukan sebagai referensi sebelum jumlahnya. Sangat mungkin "kode transfer" ini yang dicek

Ada yang namanya API, kalau Bank menyediakan API, maka sangat mungkin untuk mendapatkan data transfer dengan automatis. Kita bisa sediakan "job" , semacam program otomatis, seperti - setiap 30 menit sekali, bandingkan data transfer dari bank dan transfer dari user. Atau "job" ini berjalan, setiap ada trasnfer dari user maka cocokkan dengan data API dari bank. Kalau misalnya Bank tidak menyediakan API, ada yang namanya, cURL, susah dan sangat tricky, kita bisa login (login sendiri, tetap butuh username dan password) dan melakukan aktivitas lain, dengan kode yang manfaatin cURL.

Sekarang juga ada payment gateway seperti https://midtrans.com/ , https://doku.com/id dll. yang bisa menverifikasi pembayaran otomatis.

Alternatif lain memang toko-toko online besar bekerja sama dengan bank, ada yang namanya multipayment, kita masukin kode pembayaran, nanti otomatis bank akan ngeluarin jumlah tagihan.

Jadi memang ada banyak cara, salam

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

wih terimakasih banyak bang , sudah ada pencerahan akhirnya hehehe terimakasih sekali lagi :D

avatar dacevezaq
@dacevezaq

57 Kontribusi 5 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

rumit yah hehehe

pengen coba tapi masih belom ngerti..

kaya nya pembelajaran yang kaya gitu baru bisa di praktekin kalo udah bekerja di perusahaan startup. mungkin..

avatar BadRabbit
@BadRabbit

149 Kontribusi 56 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Iya gan @nanun1992 , bnyak skli trik trik untuk dunia kerja dan intinya skill dasarnya harus solid hehehe

avatar dacevezaq
@dacevezaq

57 Kontribusi 5 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Bro hilman, misalkan ada case kyk gini, kita menggunakan skenario scraping ke data internet banking bank terkait dan rutin kita lakukan dalam waktu 20 menit sekali, nah kira2 ada resiko proses ini memakan waktu lama ga? Kalau didalam prosesnya jumlah transaksi setiap harinya semakin bertambah.

avatar Jhonwick
@Jhonwick

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

mas hilman kalau mutasi bank itu seperti apa mas

avatar waidhin
@waidhin

2 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

update aja guys saya yang dulu membuat pertanyaan ini , sekarang ecommerce sudah ngga pakai metodebeginian lagi , sekarang jamanya virtual account :D

avatar dacevezaq
@dacevezaq

57 Kontribusi 5 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

karena waktu itu sempet main kesini jadi dapet ide buat bikin simple pembayaran. sekarang lagi ngerjain website <a href='https://www.eurekabookhouse.co.id'>https://www.eurekabookhouse.co.id</a> pakai midtrans

avatar ndaru72
@ndaru72

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban