standard web apa saja

assalamualaikum gan, tolong berikan ilmunya apa saja standard web yang sudah bisa dijual, paling standard nya aja.

mohon dikoreksi ya, kalau menurut saya standard web yang bisa dijual -layout website + responsive (HTML + CSS) - Backend

nah saya baru kuasai HTML + CSS aja dibagian backend terlalu banyak dan saya ingin mengejar yang biasanya ada didalam website, mungkin seperti ini login,panel admin, panel admin nya apa saja, dan keamanan nya apa saja yang harus dikuasai.

mungkin gak jika saya menawarkan hanya membuat website dengan html dan css.

saya yakin pasti ada yang akan menjawab :)

avatar Aden20
@Aden20

10 Kontribusi 6 Poin

Diperbarui 7 tahun yang lalu

4 Jawaban:

yang pasti bahasa PHP nya harus kuat untuk buat admin panelnya. klo cuma tampilan HTML + CSS aja saya rasa belum layak untuk dijual karena msh kurang, buat efek pelajari juga jquery paling tidak frontend developer dulu kuasai

avatar iwane021
@iwane021

16 Kontribusi 9 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Jawaban Terpilih

Kalau cuman HTML dan CSS nggak mungkin bisa dijual, soalnya siapa yang mau beli? websitenya nanti cuma sebuah halaman kosong tanpa fitur apapun, tanpa bisa di apa-apain. Kalau mau dijual ya websitenya kudu solid, karena harus solid maka yang perlu dipelajari sangat banyak, diantaranya; HTML & CSS & JavaScript (wajib untuk client-side), PHP/NodeJS/ASP (wajib untuk server-side, pilih salah satu atau pakek yang lainnya), SQL/NoSQL (wajib untuk teknologi database, pilih salah satu atau pakek keduanya).

Selain itu, kamu juga harus mempelajari sistem keamanan, indexing, authentication, caching, memory resource, server load, cross-platform/device/browser, dan banyak hal lainnya. Ditambah lagi kamu mungkin juga perlu untuk belajar yang namanya Version Control System, Framework , plugin, library, dll untuk membantu developing. Atau biar kelihatan profesional, pelajari juga SOA/REST/API untuk Web Service.

Semua yang diatas diperluin untuk membuat website yang solid. Tapi kalau kamu cuma mau njual desain website aja, HTML & CSS & JavaScript aja udah cukup soalnya tidak main-main ama data.

Saran saya, mending jangan terburu-buru pengen membuat website terus dijual. Sebelum itu, mending belajar dulu yang manteb, biar hasil karyanya nanti bener-bener bisa punya nilai jual yang tinggi. Kalau keburu pengen dapet duit menjual website, hasilnya nanti malah belajarnya asal-asalan yang penting kelar. Dan itu kurang baik.

Selamat berkarya!

avatar dalikewara
@dalikewara

351 Kontribusi 260 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

jual-nya gmana dulu ni. jual script-nya? misal jual template web di theme forest template-nya sebaiknya diatas framework/cms/library yg populer kalau ga itu, ga laku nty... kalau standarisasi ikutin yg umum, sering digunakan orang (kalau mau laku) atau kalau agan ngajuin ke theme forest https://themeforest.net, theme forest punya rasa sendiri, untuk nentuin script agan layak apa ga dijual disitu, ikutin standard vendornya

avatar QaiserLab
@QaiserLab

366 Kontribusi 390 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

makasih ya mas semua :)

avatar Aden20
@Aden20

10 Kontribusi 6 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban