Daftar dan Belajar Sekarang!

Menghubungkan 2 buah api

foto smmelvin
1 Kontribusi 0 Coto
3 bulan yang lalu
bagaimana cara menghubungkan 2 API tanpa ada perubahan di masing2 platform. misalnya: platform A memiliki server A, demikian juga dengan platform B memiliki server B. dan masing2 mempunyai API. bagaimana cara mengintegrasikan keduanya agar bisa berkomunikasi? sedangkan kedua API tsb jelas tidak bisa berkomunikasi secara langsung krn parameternya berbeda. solusi apa yang tepat utk menyelesaikan masalah integrasi spt ini? komunikasinya request & respon dgn http.

Tag: api


Jawaban
foto abyanjksatu
330 Kontribusi 169 Coto
3 bulan yang lalu
Halo smmelvin, Mohon Izin menjawab, Kamu bisa melakukan beberapa cara: 1. Metode Callback (tidak perlu service tambahan) Saat server A hit ke B, lalu server B hit balik ke A *Harus saling menyamakan parameter Sumber callback: https://medium.com/dekses/how-to-build-secure-callback-urls-abdc005ea909 2. Metode API Gateway (perlu Service tambahan) Yang ini harus membuat Service baru yg disebut API Gateway, tujuannya untuk mengintegrasikan multiple API. Dari front-end langsung hit ke API Gateway, lalu API Gateway yang akan hit (integrasikan) ke 2 API server A & B. Kamu juga bisa me mapping hasil response dari kedua API tsb. 3. Metode Graphql (perlu Service tambahan) Mirip dengan API Gateway, bedanya ini di mapping dengan bahasa query language Graphql, keuntungannya adalah lebih ringan ketimbang API gateway. Semoga dapat terjawab, Good Luck!
  • Thks Responsnya. contoh: vending yg sdh diprogram dan memiliki sever dr manufacture(svr vend),dan cuma diberikan API utk third party interface. vend akan diintegrasikan dgn payment gateway(pg). utk method pertama, issuenya tdk bisa mengubah di salah satu sisi, krn itu property company. utk method kedua,frontend disini vend sedang vend justru terhubung dgn servernya. jd vend tdk bisa terhubung dgn "API gateway" yg dibuat krn itu artinya hrs mengubah source yg ada dlm vend. - smmelvin


Login untuk diksusi di forum sekolah koding