Menghubungkan 2 buah api

bagaimana cara menghubungkan 2 API tanpa ada perubahan di masing2 platform. misalnya: platform A memiliki server A, demikian juga dengan platform B memiliki server B. dan masing2 mempunyai API. bagaimana cara mengintegrasikan keduanya agar bisa berkomunikasi? sedangkan kedua API tsb jelas tidak bisa berkomunikasi secara langsung krn parameternya berbeda. solusi apa yang tepat utk menyelesaikan masalah integrasi spt ini?

komunikasinya request & respon dgn http.

avatar smmelvin
@smmelvin

1 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 4 tahun yang lalu

Tanggapan

komunikasinya gimana ini?

1 Jawaban:

Halo smmelvin,

Mohon Izin menjawab,

Kamu bisa melakukan beberapa cara:

  1. Metode Callback (tidak perlu service tambahan) Saat server A hit ke B, lalu server B hit balik ke A *Harus saling menyamakan parameter

Sumber callback: <a href='https://medium.com/dekses/how-to-build-secure-callback-urls-abdc005ea909'>https://medium.com/dekses/how-to-build-secure-callback-urls-abdc005ea909</a>

  1. Metode API Gateway (perlu Service tambahan) Yang ini harus membuat Service baru yg disebut API Gateway, tujuannya untuk mengintegrasikan multiple API.

Dari front-end langsung hit ke API Gateway, lalu API Gateway yang akan hit (integrasikan) ke 2 API server A & B. Kamu juga bisa me mapping hasil response dari kedua API tsb.

  1. Metode Graphql (perlu Service tambahan) Mirip dengan API Gateway, bedanya ini di mapping dengan bahasa query language Graphql, keuntungannya adalah lebih ringan ketimbang API gateway.

Semoga dapat terjawab, Good Luck!

avatar keccikun
@keccikun

364 Kontribusi 196 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

Tanggapan

Thks Responsnya. contoh: vending yg sdh diprogram dan memiliki sever dr manufacture(svr vend),dan cuma diberikan API utk third party interface. vend akan diintegrasikan dgn payment gateway(pg). utk method pertama, issuenya tdk bisa mengubah di salah satu sisi, krn itu property company.

utk method kedua,frontend disini vend sedang vend justru terhubung dgn servernya. jd vend tdk bisa terhubung dgn "API gateway" yg dibuat krn itu artinya hrs mengubah source yg ada dlm vend.

Login untuk ikut Jawaban