Laravel atau Codeigniter?

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Halo sobat Sekolah Koding. Saya baru belajar PHP (belum terlalu menguasai), ditambah pula saya baru belajar sistem database (lumayan menguasai), apakah perlu saya mencicipi yang namanya framework? Karena sepengetahuan saya dengan menggunakan framework dapat memudahkan pekerjaan kita.

Dan menurut teman-teman di sini sebaiknya saya 100% menguasai PHP terlebih dulu atau langsung belajar framework?

Dan lebih bagus mana antara Laravel dengna Codeigniter?

Terima kasih :)

avatar abimanyuu17
@abimanyuu17

23 Kontribusi 8 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

10 Jawaban:

Sebenernya nggak harus 100% untuk belejar Framework, yang penting ngerti fundamentalnya secara native.

Dan kalau bagusan mana Laravel dengan CodeIgniter, keduanya sama-sama bagus. Kita nggak bisa nentuin bagusan mana soalnya nanti kamu pas memilih Framework harus sesuai dengan kebutuhan kamu. Misal Framework Laravel cocoknya buat ngapain, CodeIgniter cocoknya buat ngapain, ada di setiap documentasinya, jadi baca-baca dulu rule dari setiap Framework.

Laravel dia sangat kompleks (terlalu kompleks), jadi nggak cocok untuk project kecil, soalnya nanti bakal banyak library-library dan sistem-sistem yang mubadzir nggak kepakek, jadi cocoknya untuk project skala besar. Kalau CodeIgniter cocok untuk project besar dan kecil. Tergantung kebutuhan.

avatar dalikewara
@dalikewara

351 Kontribusi 260 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Jawaban Terpilih

sy juga suka galau gan yg mana yg lebih bagus tapi kalau sy saat ini tetep ga move on dari Code Igniter biarin mw dibilang jadul juga, yg penting masih menuhi kebutuhan Laravel terlalu cepat perkembangannya, cape ngikutin perubahan2nya

btw, Code Igniter udah mau di rewrite ulang, itu udah ada repo CodeIgniter4 x__x paling kalau udah nyerah ngikutin yg baru lagi yg baru lagi bikin aja framework MVC sendiri yg sama persis perintah2nya dengan CodeIginter 3.1.2

Jadi kalau u ga paham tau fundamental/dasar (terutama MVC dan Design Patern) u salah juga gan, nty terlalu bergantung sama framework yg perubahan, perkembangan dan jatuh bangunnya semena-mena (bergantung vendor) Kalau u native full juga ada kurang bagusnya gan, karena kenyataan dunia kerja menuntut u utk pakai framework2 populer dan penyelesaian pekerjaan yg harus cepat (termasuk dlm mengerjakan startup karena pesaing banyak dan cepat)

Laravel vs CodeIgniter Dari kacamata bisnis Kalau utk sekarang memang yg lagi laris di dunia kerja/proyek tuh Laravel gan ketimbang CodeIgniter Tapi CodeIgniter masih cukup laris juga kok

Laravel vs Codeigniter dari segi kestabilan komunitas Laravel makin tinggi aja komunitasnya kemungkinan frameworknya utk bangkrut kecil utk skarang. CodeIgniter sempat turun drastis waktu EllisLab (Vendor CodeIgniter awal) sempat fakum/berhenti mengembangkan, tapi sekarang sudah ga sama EllisLab lagi pengembangannya, jadi sudah berlanjut lagi pengembangannya

Coba gan lirik framework YII. Komunitasnya stabil, perkembangannya stabil ga terlalu cepat ky Laravel, dan laris juga di dunia kerja/proyek.

Terakhir saran pribadi dari sy. 1. stepnya agan belajar native dulu sampe ngelotok 2. pelajari CodeIgniter dulu karena ni framework MVC paling gampang, biar agan paham MVC 3. baru agan belajar framework lain misal Laravel atau YII

avatar QaiserLab
@QaiserLab

366 Kontribusi 390 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@dalikewara : Wah terima kasih gan penjelasannya, saya lebih paham sekarang.

@QaiserLab : Wah penjelasan yang lengkap. Thanks gan mungkin saya mau lihat-lihat Yii dulu

avatar abimanyuu17
@abimanyuu17

23 Kontribusi 8 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Sekedar tambahan gan, jangan mudah terpengaruh Hype Javascript ya (tau sendiri lah gimana kondisinya sekarang) ataupun yang lain, kayak saya yang akhirnya gak bisa tahan dan langsung beralih fokus dari CodeIgniter condong ke dunia javascript. Ikuti kata hati saja dan positive thinking dengan teknologi yang dipelajari.

avatar nubilfi
@nubilfi

8 Kontribusi 4 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@nubilfi = Wah kasus anda sama saya sama gan, saya ini juga agak labil milih bahasa pemrograman gan. DAn mungkin ane mau menekuni PHP gan.

avatar abimanyuu17
@abimanyuu17

23 Kontribusi 8 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Iya, PHP aja dulu (kedepannya masih sangat dibutuhkan). Fokus salah satu. Baru entar kalau udah manteb PHP nya, boleh coba bahasa yang lain (misal NodeJS atau Python).

avatar dalikewara
@dalikewara

351 Kontribusi 260 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Maaf nih cuman pingin ikutan komen hihihi.

Sebenernya saya udah lama mempelajari PHP tapi belum bisa framework dan ketika lagi ngebooming Laravel saya langsung coba, eh otak ga sampe dulu pake templating .blade karena kesukaan saya di native pun sama di templating biar ga susah, karena penasaran jadi aja belajar Codeigniter, ternyata Codeigniter lebih menjawab pertanyaan pasaran di kantor saya. tapi kalo mau belajar ya Laravel juga gpp. termasuk sekolahkoding.com ini menggunakan Laravel (2017-12-15) entah kedepanya ganti Framework apa engga.

avatar ridhwangs
@ridhwangs

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

kalo saya mah.. wkt dulu pas sudah bisa bikin crud sederhana dengan php native.. langsung belajar framework laravel.. (karena tuntutan magang juga) tapi saya sebelumnya sudah mempelajarin dan paham konsep OOP.. mangkanya belajar laravel lumyan cepat memahaminya..

intinya kalo sudah mau lanjut ke framework.. mesti paham dengan konsep OOP..

CMIIW

avatar nataa
@nataa

35 Kontribusi 7 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Pelajari keduanya ga masalah gan. Coba cari tau secara ringkas aja biar nti lo sendiri yang nentuin mana yg lebih nyaman buat develop :)

avatar bagashadi
@bagashadi

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu


avatar iamfreestyler
@iamfreestyler

341 Kontribusi 57 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban