Jangan Menjadi Orang yang Hanya Mengatakan "Cari aja di Google"

Banyak orang yang mengatakan "Cari aja di Google" , pernyataan itu tentu benar dan tidak salah karena Google menyediakan informasi apa aja. Istilah kata nyari apa aja ada di google. Cari barang mau yang dibeli cari di google, cari referensi pelajaran cari di google, mau belajar pemrograman buka google, cari apa aja di google.

Tapi sadarkah kita kalau seandainya tidak ada orang yang share di google, bisakah kita mencari di google?

Apa pointnya?

Kita bisa menemukan informasi karena ada yang membagikan informasi

Bayangkan semua programmer tidak ada yang ngeshare, kita mau belajar dari mana?

Bayangkan semua orang yang punya ilmu dan pengalaman tidak ada satupun yang menshare di dunia maya, repot tidak?

Coba sebaliknya, misal andaikan semua programmer mau berbagi ilmunya kita dan teman2 kita akan mudah belajar pemrograman

Andaikan semua orang mau menulis berbagi ilmunya dan pengalamannya, tentu kita tidak sulit mencari informasi apapun.

Kita tidak hanya user yang mencari informasi di google , dan mengatakan “cari aja di google” tapi kita juga menulis di blog di forum agar terecord di google, kita ikut membagikan sesuatu yang kita tahu, ilmu dan pengalaman yang kita punya agar bisa bermanfaat bagi orang lain.

Jadi kesimpulannya adalah jadikan diri kita pribadi yang aktif menulis, sebab semakin banyak orang menulis dan berbagi maka itu semakin baik.

Tidak harus pintar untuk menulis, sedikit pengetahuan yang kita tahu akan bermanfaat buat orang lain

Punya sedikit ilmu agama? share ke yang lain, masih banyak orang di luar sana yang haus akan ilmu agama, yang menurut kita hal kecil namun ternyata besar buat mereka

Punya pengetahuan ilmu IT ? share ke yang lain, masih banyak orang yang sedang belajar IT yang membutuhkan referensi dan membutuhkan pemecahan masalah mereka. siapa tahu masalah mereka terpecahkan saat membaca tulisan kita.

Pengetahuan ilmu apapun akan bermanfaat buat orang lain.

Atau Bisa masak? share ke yang lain masih banyak para istri yang masih belajar masak

Habis travelling? share ke yang lain, siapa tahu ada orang yang ingin ke pergi ke sana dan mencari informasi dulu bagaimana tempat di sana.

Apapun itu yang kita tahu share ke yang lain, percayalah akan ada orang lain yang membutuhkan informasi yang kita share. menurut kita sepele namun menurut mereka bermanfaat.

Tahu ngga saat setiap tulisan kita dibaca dan bermanfaat buat orang lain, kita mendapat pahala meskipun kita sedang tidur, sedang makan, sedang bercanda dengan istri, atau bahkan kita sudah di alam sana. Rekening pahala akan mengalir manakala tulisan kita bermanfaat buat orang lain.

Terlepas dari itu kita sudah berkontribusi orang banyak. kita sudah menjadi orang yang bermanfaat buat orang lain.

avatar mahrizal
@mahrizal

16 Kontribusi 49 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

10 Jawaban:

Mantepp gan .

avatar abdulchaemim
@abdulchaemim

4 Kontribusi 1 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

mau tanya gan, bagaimana caranya untuk memulai menulis? karena terkadang kita terkendala saat akan memulai menulis sebuah artikel, yaitu bingung mau nulis apa.

avatar aguslangsa
@aguslangsa

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Jangan kebanyakan ngebayangin :v, orang bilang "Cari aja di Google" biasanya dia males nulis karena jawaban yg diminta terlalu panjang (padahal dia sendiri tau jawabannya), Jadi biar lebih jelas dia nyuruh nyari digoogle, atau dia cuma iseng aja.. karena ngak tau jawabanya jadi nyuruh nyari digoogle :v hohohoho

avatar riyanxp
@riyanxp

70 Kontribusi 50 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

IMHO Sebetulnya permasalahan d awal cari aja d google saya rasa karena pertanyaannya terlalu awam, dan sudah banyak jawabnya.

Selain itu juga membiasakan user untuk lebih untuk mengetahui dasar dari hal yang ingin d tanyakan

avatar reopucino
@reopucino

2 Kontribusi 0 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

tulisan yg bagus mas @mahrizal .. memang benar untuk sebagian org berfikir untuk pertanyaan yg awam suruh cari saja di google guna mengetahui dasar hal yang ingin ditanyakan. jadi balik lagi kepada org nya,, ingin berbagi dengan ilmunya,, atau malas memberikan ilmunya? meskipun info yang mendasar pahalanya tetap sama :)

Wallahu A'lam Bishawab

avatar dinar87
@dinar87

1 Kontribusi 1 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@aguslangsa : Sebetulnya menulis seperti ngobrol, apa aja yang terlintas di pikiran itu bisa jadi bahan tulisan. tips nya adalah saat ada ide , langsung catat di catatan kecil. kemudian jika ada waktu dijelaskan lebih panjang.

avatar mahrizal
@mahrizal

16 Kontribusi 49 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@riyanxp : Sebetulnya sah sah saja bilang cari saja di google, hanya saja point saya adalah kita jangan hanya bisa mencari di google tapi kita harus bisa menulis untuk kontribusi kita buat orang banyak.

Apa tidak malu kita sering nyuruh orang cari aja di google pas balik ditanya, lha kamu sendiri nulis apa di google ? kalau kita punya tulisan sendiri sering sharing kan pas nyuruh orang nyari di goole, karena kita sendiri suka nulis di google.

avatar mahrizal
@mahrizal

16 Kontribusi 49 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@reopucino : Tidak apa2 gan , nyuruh orang di google, hanya saja jangan lupa kita juga perlu ikut kontribusi nulis agar bisa bermanfaat buat orang lain.

avatar mahrizal
@mahrizal

16 Kontribusi 49 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

mantap

avatar kepolu
@kepolu

3 Kontribusi 1 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

saya sendiri merasa menyuruh orang mencari di google aja,itu tidak baik.. mungkin harus bilang saja cari referensi yang spesifik seperti melihat kembali dokumen/file yang tentu bisa menjawab pertanyaan dari kita.kecuali memang tidak dapat ditemukan baru bertanya

avatar Maxoa
@Maxoa

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban