Jangan Lupakan Bug (Error) Kamu

Pernah tidak kamu suatu waktu bertemu dengan error dan berhasil kamu temukan solusinya, setelah beberapa waktu berjalan kamu bertemu dengan error yang...

cover Jangan Lupakan Bug (Error) Kamu

Apakah kamu pernah berhasil mengatasi suatu bug, setelah beberapa waktu berjalan kamu bertemu dengan bug yang sama tapi kamu lupa dengan solusinya?

Kasus di atas mungkin biasa terjadi namun menggambarkan betapa pentingnya pendokumentasian masalah kamu. Saat berhasil menemukan solusi dari suatu masalah, jangan lupa untuk dicatat. Karena setelah itu, banyak hal lain yang akan kita kerjakan dan seiring berjalannya waktu, kita akan lupa dengan solusi tersebut.

Akan berbeda jika kamu rajin mencatat bug yang kamu temui. Jika bertemu dengan suatu bug, kamu tinggal membuka catatan kamu seperti mencari suatu buku di perpustakaan dan solusinya akan lebih mudah kamu temukan. Dengan mencatat, sebenarnya orang yang pertama kali terbantu adalah diri kamu sendiri.

Untuk mencatat suatu bug kamu bisa menulis di buku catatan atau menulis di beberapa aplikasi yang bisa kamu temukan. Alangkah baiknya, jika kamu ikut bantu orang lain dengan menjawab pertanyaan mereka melalui forum-forum atau melalui Stack Overflow, selain membantu orang lain, solusi yang kamu tulis akan terdokumentasi di sana.

Lebih baik lagi jika kamu membuat blog pribadi dan menulis bug yang kamu temukan beserta solusinya di sana. Mencatat bug di blog pribadi diniatkan bukan untuk orang lain baca dan sukai, tetapi untuk diri kamu sendiri apabila kamu kebingungan saat bertemu dengan bug yang sudah pernah kamu hadapi. Apabila orang lain baca dan terbantu dengan solusi yang kamu temukan merupakan suatu bonus untuk kamu.

Dengan demikian, penting untuk mencatat bug yang kamu temukan meskipun solusinya belum berhasil kamu temukan. Jangan hanya mengandalkan memori kita yang cukup rapuh ini. Dokumentasikan masalahnya dengan detail dan dokumentasikan solusinya jika sudah ada. Karena orang pertama yang terbantu adalah diri kamu sendiri. Jangan sampai kamu kelelahan dengan mencari solusi dari bug kamu hingga dua kali. Jadi, catat bug kamu dari sekarang.

Untuk penjelasan lebih lengkap, kamu bisa menonton video berikut ini.

[[embed key="youtube" value="dG7zuJ9JS-0"]]

avatar izzan1995
@izzan1995

0 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 1 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban