Jadi programmer harus kuat matematika atau tidak?

Saya sering dengar dan banyak juga yang mengatakan kalo mau jadi programmer harus pintar / kuat di bidang matematika. Apakah itu benar atau tidak?, karena saya lemah dalam bidang matematika tapi sangat ingin menjadi programmer.

avatar dewaadiperdana
@dewaadiperdana

6 Kontribusi 2 Poin

Diperbarui 4 tahun yang lalu

6 Jawaban:

perlu dasarnya aja seperti perkalian, pertambahan dsb. utk selanjutnya bisa googling seperti mencari rumus dll.

avatar hamdanidev
@hamdanidev

47 Kontribusi 12 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Jawaban Terpilih

sebaiknya iya. Sebenernya programming sendiri adalah matematika kalo matematika kita membentuk abstract modeling (memodelkan persamaan matematika secara abstrak) nak kalo programming merumuskan masalah yang ada kedalam bentuk program itu kira2 kasarnya. nah back to the topic penting ga matematika, jawabannya penting banget matematika itu hampir ngaruh banget kesemua bidang fisika, ekonomi, dan tentu aja programming dll (masih banyak lagi). programming sendiri itu adalah matematika awalnya kan al-khawarizmi dia pengen merumuskan matematika secara sistematis, terstruktur dan terorganisasi dengan baik. nah lahir lah algoritma yang jadi dasar konsep awal dari program. inti dari matematika apaan sih apakah apakah berjubel dgn rumus2 dan temen2nya BUKAN, bukan itu esensi dari matematika. banyak banget pelajar2 indonesia yang salah, salah total dalam bermatematika. esensi dari matematika itu sendiri: 1. Mathematics Concept 2. Critical Thinking 3. Complexity 4. Problem Solving 5. dan yang pastinya dgn bermatematika yang baik dan benar akan meningkatkan kecerdasan secara perlahan. Oke jadi kesimpulannya apa "Belajar Matematika yang Baik dan Benar dari sekarang" banyak banget anak indonesia ngapalin rumus, cara2, ngapalin tipe soal dan sejenisnya tanpa tahu esensinya untuk apaan please deh itu gaga ada GUNANYA sama sekali. Bagi yg mau bermatematika dgn baik dan benar nih kunjungin aja ini cara belajarnya sama kayak disni lewat video coba deh tonton salah satu video math www.zenius.net (btw esensi matematika itu lebih dari lima sih yg saya tahu tapi rada lupa)

avatar kartadinata
@kartadinata

121 Kontribusi 78 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

mending iya gan :D ane aja susah belajar coding php :D karena ga tau terlalu matematika apa lagi main logika aduuh pusing gan :/

avatar pemudakoding
@pemudakoding

342 Kontribusi 120 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Makasih temen2

avatar dewaadiperdana
@dewaadiperdana

6 Kontribusi 2 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@dewaadiperdana: kalo menurut ane sih, klo kita milih bagian back-end perlu banget gan yang namanya matematika sama fisika (seperti yang di jelasin ama agan : @kartadinata ). Tapi kalo bagian front-end / design aplikasi nggak begitu butuh ama matematika gan , mungkin cuman dikit sih kyak buat ngitung" gtu..

avatar SaidAlbaqi
@SaidAlbaqi

37 Kontribusi 17 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Tanggapan

kalau software engineer perlu banget kayak back-end atau nggak gitu butuh bro

Kalau sekadar bahas HTML ataupun CSS, kayaknya sih Matematika hanya dibutuhkan sedikit..tapi Kalau PHP, itu memang membuat saya sendiri pusing tujuh keliling memecahkan soal dan kenapa selalu Syntac yang ERROR.

avatar idiotman
@idiotman

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban