gimana caranya sebagai anak SMK nyari info2 magang & mengetahui bahwa skill kita sesuai?

halo kenalin, aku dan temen-temenku lagi bikin startup buat bantu anak SMK tapi kita butuh banyak informasi / insight dari temen-temen SMK yang mengalami masalah ini sendiri.

1. Gimana cara temen-temen di SMK nyari info tentang magang? Apa temen-temen dikasih info dari sekolah/guru? Atau temen-temen nyoba nyari info sendiri di sosmed-sosmed / di grup / atau bahkan di platform yang khusus buat nyari info magang? (boleh diceritain keluh kesahnya selama nyari info magang misal pasrah ga dapet info magang akhirnya ikut ajakan temen)

2. Nah biasanya kan tiap magang punya 'skill yang dibutuhkan', misal perusahaan A membuka Web Engineering Intern dengan syarat PHP level nya Intermediate. Nah gimana caranya temen-temen tau kalau skill PHP temen-temen sudah memenuhi 'intermediate' yang dibutuhkan oleh perusahaan A? Apakah temen-temen punya sertifikasi sehingga percaya diri atau ikut online course sana sini jadi lebih percaya diri atau ikut tes online? (boleh diceritain juga gimana pengalaman temen-temen nyari tau bahwa skill temen-temen sesuai dengan kebutuhan perusahaan)

itu aja sih pertanyaannya, mohon bantuannya ya temen-temen ini buat ngebantu temen-temen yang masih di SMK juga supaya bisa nyari tau skill kalian apa dengan sekali tes bisa apply ke banyak lowongan :)

oh iya kalau temen-temen punya saran juga boleh banget nanti aku tampung biar startup kita bisa ngasih lebih banyak manfaat ke orang lain!

terima kasih!!

avatar ridhof
@ridhof

22 Kontribusi 19 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

1 Jawaban:

salam kenal...saya lulusan SMK di salah satu kota Solo. sebelum magang 1 kelas dibagi menjadi beberapa kelompok. minimal 2 orang, maksimal 4 orang. alasannya supaya ada teman, jadi biar tidak sendiri kasihan yang jomblo hehe.. dulu waktu SMK nyari magang itu berawal dari tanya guru "ada nggak pak/bu tempat magang IT daerah solo?". kemudian karena tidak begitu banyak akhirnya diambil duluan sama kelompok lain. akhirnya saya googling. ada perusahaan IT didaerah jogja. waktu itu saya tanya lewat salah satu karyawan perusahaan IT "mbak, sini menerima magang apa nggak?" dijawab "bentar saya tanyakan dulu, sini masuk aja dulu.."

setelah tanya-tanya dan akhirnya dijawab "yaa mas, sini menerima. namun ada syaratnya" dan ternyata syaratnya cuma mau di tes :D

dan test itu entah bisa atau tidak tetep semua yang magang diterima, karena niat dari perusahaan itu mau mendidik supaya ada penerus dari generasi muda untuk menjadi programmer.

test itu cuma untuk memetakan saja sampai mana kemampuan anak SMK itu.. setelah itu magang deh hehe...

3 bulan lamanya magang..bnyak cerita banyak pengalaman juga tentu banyak ilmu yang didapat.. biasanya anak SMK itu buat website murni pakai php..ketika magang diajari framework codeigniter, laravel, dll...

seru pokoknya... bisa jadi cerita buat anak cucu :D

avatar hikamabq
@hikamabq

31 Kontribusi 12 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban