Client minta source code dalam bentuk repository

Malam, saya pemula tapi alhamdulillah sudah dapat client. Tapi ketika project sudah jadi client minta source code nya dalam bentuk repository agar terlihat commit history dan progresnya. maksudnya apa yah?
avatar riia

@riia

2 Kontribusi 3 Poin


Jawaban

Artinya client mau liat history cara kamu ngerjain proyeknya itu seperti apa. Umumnya setiap developer menyimpan projectnya menggunakan tool VCS (Version Control System), salah satu yang banyak dipakai adalah Git. Ketika kita menggunakan Git atau tool VCS lainnya, kita akan mudah untuk tracking perubahan yang terjadi pada kode kita, akan terekam juga history perubahan-perubahan yang ada pada project.

Silahkan pelajari tentang Git, di sekolahkoding sendiri sudah ada kelasnya https://sekolahkoding.com/kelas/apa-itu-gitΒ atau bisa cek di youtube juga, udah banyak kok tutorialnya.
avatar ahanafi

@ahanafi

813 Kontribusi 551 Poin


Coba bikin kesepakatan yang jelas. Apakah jasa koding anda termasuk memberikan source code kepada mereka? Dan jika iya, apakah termasuk di dalamnya, dia berhak untuk memantau progress pekerjaan anda?

Kalau saya sih menolak client semacam ini. Memangnya dia boss saya? Memangnya saya kerja di perusahaan pribadi dia? Kok mau tahu progress secara detil segala. Yang penting selesai sesuai deadline kan? Kalau dia senior programmer-nya saya, masih boleh lah.
avatar danielwilianto

@danielwilianto

16 Kontribusi 16 Poin


Login untuk gabung berdiskusi