Cara memproteksi content di website

Halo teman-teman, saya sedang mengerjakan sebuah projek. Projek ini merupakan website penyedia konten berbentuk video bagi member dan non-member.

Saya mau bertanya, bagaimana cara saya memproteksi konten video tadi, mencegah user untuk melakukan download pada video yang hanya diperuntukkan untuk member? Adakah solusi yang baik untuk melakukan hal tersebut?

Sebelumnya saya melakukan sedikit riset, solusi yang ditawarkan kurang membuat saya puas, antara lain:

1. disable right click

2. disable direct url

3. hide video inside canvas tag with js (mungkin ini salah satu yg terbaik menurut saya apabila dikombinasikan dengan nomor 2)

mungkin ada diantara teman-teman punya solusi yg lebih baik? Trims!

avatar rubichandrap
@rubichandrap

25 Kontribusi 19 Poin

Diperbarui 3 tahun yang lalu

2 Jawaban:

Jawaban Terpilih

<div>Mungkin judul pertanyaannya lebih tepat; bagaimana memproteksi video content di website.<br><br>selama file tersebut masih berupa file video utuh, maka mudah di-download; karena ada link file-nya.<br>baik itu di-hidden pada page-nya atau lewat javascript-nya.<br><br>Kalau sudah niat men-download, biasanya ada caranya.<br>Banyak cara untuk 'men-download' video tersebut, seperti men-record screen komputer-nya.<br><br>Yang bisa kita lakukan adalah mempersulit men-download-nya.<br>Untuk kasus ini, salah satu yang umum dilakukan adalah membuat video itu di-stream (perlu setup server untuk ini).<br>Itu juga banyak pilihan, dari RTMP, DRM-protected, WebRTC, Media Source Extensions (WebM) atau HTTP Live Streaming (HLS).<br>Dengan di-stream, maka video tersebut akan di-pecah fragment-per-fragment atau bagian-per-bagian dan client-side player-nya akan mem-'play' fragment tersebut -- seakan-akan satu file.</div>

avatar soeleman
@soeleman

120 Kontribusi 147 Poin

Dipost 3 tahun yang lalu

Tanggapan

apa butuh hosting vps untuk setupnya?

Tergantung dari kebutuhan saja. kalau masih ada resouce diserver yang ada yang pakai itu saja, terus di monitor penggunaan CPU, Storage dan RAM-nya.

<div>Untuk proteksi video dari linknya dishare oleh orang lain<br><br>beberapa layanan seperti AWS3, punya <a href="https://docs.aws.amazon.com/sdk-for-go/v1/developer-guide/s3-example-presigned-urls.html">pre-signed u</a>rl , dimana akan ada semacam token setiap user mengakses video tersebut selama beberapa menit.<br><br>ketika user mau membagikan videonya, link tersebut tidak akan valid di luar waktu yang disediakan.</div>

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 3 tahun yang lalu

Tanggapan

terima kasih mas hilman jawabannya

Login untuk ikut Jawaban