Api untuk mengecek suatu akun bank benar atau tidak

Hi teman-teman, saya ingin membuat sistem pembayaran menggunakan payment gateway. Dalam hal ini saya menggunakan layanan midtrans.

Masalahnya, saya ingin menyimpan nomor rekening pengguna pada platform yang saya buat, saya ingin melakukan validasi terlebih dahulu memastikan bahwa details data nomor rekening yang dimasukan valid.

Jadi prosesnya seperti ini.

Saya membuat marketplace, katakanlah saya menjadi pihak yang mempertemukan pedagang dan pembeli. Pada prosesnya, pembeli melakukan transfer kepada platform saya yang mana saya menggunakan payment gateway untuk memproses pembayarannya. Nah untuk pedagang, mereka perlu melakukan withdrawl. Saya melihat di payment gateway service yang saya pakai tidak ada API untuk withdrawl. Oleh karena itu, opsi pertama saya untuk sementara melakukan withdrawl process secara manual (transfer manual setiap request yang diminta oleh pedagang). Namun saya perlu melakukan validasi akun Bank pedagang agar menghindari withdrawl terkendala akun bank yang salah.

Apakah teman-teman ada yang pernah mengalami hal yang sama?

avatar administrator
@administrator

14 Kontribusi 2 Poin

Diperbarui 4 tahun yang lalu

1 Jawaban:

kamu tidak perlu melakukan validasi, payment gateway yang akan melakukan semuanya

[update jawaban] okay berarti ini tidak hubungannya dengan payment gateway. Payment gateway untuk dari pembeli ke merchant. Kalau pertanyannya "apakah ada API untuk mengetahui nomer orang valid atau tidak" saya tidak tahu.. mungkin harus ngecek satu satu ke banknya, yang saya tahu saat ini open API ada BCA.

Untuk validasi manual, mungkin bisa suruh merchant upload foto bukti rekeningnya, simple

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

Tanggapan

terima kasih mas telah menjawab, saya telah update pertanyaannya kenapa perlu ada validasi bank. jadi bukan ketika pembayaran ke platform saya, namun untuk proses withdrawl dari platform yang saya buat.

Login untuk ikut Jawaban