Apa Bedanya Cloud Server, VPS dan Web Hosting?

Selamat malam semua. Saya sangat awam dengan istilah-istilah ini, mohon penjelasannya bagi teman-teman yang sudah berpengalaman mengenai perbedaan ketiga layanan ini. Mohon juga kalau bisa beri saya analogi mengenai perbedaan ketiga layanan ini.

-thanks before-

avatar onirusama
@onirusama

265 Kontribusi 184 Poin

Diperbarui 7 tahun yang lalu

4 Jawaban:

Jawaban Terpilih

Dari yang paling umum Web Hosting, web hosting ini tempat kita hosting website kita, apapun jenis hostingannya. Yang lebih cocok dibedakan sebenarnya antara shared hosting, dedicated hosting dan VPS .

Shared Hosting artinya kita sharing(berbagi) tempat hosting dengan orang-orang lain. Kaya ngekos, kita bagi bagi dapur dan kamar mandi sama orang-orang yang ngekos di tempat yang sama. Termasuk hardware seperti CPU, memory dan disk spacenya. Shared hosting juga umumnya semua sudah fix, seperti versi PHPnya sudah diatur dan lengkap dengan CPanel buat ngatur yang lain-lain.

VPS Hosting kalo analogi VPS mungkin yang cocok kondominium, ruangan sudah menjadi milik pribadi, tapi aslinya gedungnya tetap milik bersama. Kita harus mengurus sendiri (ngga ada cpanel biasanya) jadi pilih OS, install apa aja, sendiri disini, nanti dikasih akses SSH lewat terminal atau commandline. Jadi ktia harus ngurus mau webserver apa, databasenya apa dll. *harus berani nyentuh dunia server (tenang, banyak tutorial).

Dedicated Hosting Kita membeli satu server penuh, tentu kapasitasnya besar dan harganya mahal, kaya punya rumah, bebas tapi mahal :D

Cloud Hosting untuk ini agak tricky jawabnya, bisa dibilang mirip sama VPS. Kalo shared tadi kita bagi 1 mesin untuk banyak orang. Di Cloud ada banyak mesin, seakan-akan jadi satu mesin. Jadi untungnya kalo ada satu yang down/bermasalah dia nyari alternativ mesin yang ngga bermasalah. Cloud juga sifatnya scalable, artinya sewaktu-waktu kita mau naikin RAM atau harddisknya bisa, kalo yang lain kita harus kontrak per tahun/per bulan dari awal, bayarnya jadi sesuai kebutuhan.

Informasi detail seputar hosting

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Thanks @hilmanrdn atas penjelasannya, sudah ada sedikit gambaran. Saya pernah coba di idhostinger untuk coba persiapkan diri sebelum proyek live. Paket gratis, di dalamnya sudah ada cpanel, dsb. ini mungkin yg dibilang shared hosting ya?

Adakah tempat gratis buat coba2 mengenai vps, dedicated, dan cloud hosting? Atau harus beli dulu?

avatar onirusama
@onirusama

265 Kontribusi 184 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Sama-sama. Setiap web hosting nawarin jenis hosting yang beda-beda, jadi bisa dicek agan ngambil paket yang mana. Wah saya belum tahu kalo ada yang gratis.

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

ok sip, ntar cari2 referensi lagi. case solved.

avatar onirusama
@onirusama

265 Kontribusi 184 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban