Bagaimana fungsi ob_start?

Saya punya error seperti ini "PHP Warning: Cannot modify header information - headers already sent by bla bla bla...". Setelah cari-cari dapat juga fungsi ini ob_start(). Memang masalahnya sudah clear tapi saya kurang paham seperti apa sih cara kerja fungsi ini. Mohon penjelasannya suhu dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti.

avatar onirusama
@onirusama

265 Kontribusi 184 Poin

Diperbarui 8 tahun yang lalu

4 Jawaban:

ob_start pengertian dasarnya yaitu untuk mengaktifkan output buffer, jadi memory yang digunakan sebagai penyimpanan sementara hasil output.

syntax :

bool ob_start ([ callbackc $output_callback [, int $chunk_size [, bool $erase ]]]) ;

avatar ronaidea
@ronaidea

65 Kontribusi 14 Poin

Dipost 8 tahun yang lalu

terimakasih atas tanggapannya om! tapi masih tetep bingung fungsinya apa. untuk sementara pokoknya dipake buat hilangin eror g bisa header location pagenya.

avatar onirusama
@onirusama

265 Kontribusi 184 Poin

Dipost 8 tahun yang lalu

Jawaban Terpilih

ob_start sebenernya buat menyimpan kalo ada output di halamannya. Error sebelumnya agan karena mau pake header tapi ada output entah itu echo atau script html, syarat penggunaan header ngga boleh ada output sama sekali sebelumnya. Nah ini hilang pake ob_start karena, si ob_start ini kaya nyimpen dulu outputnya, ngga dikeluarin.

Solusi sebenernya sih header ditaro paling atas sebelum output apapun, kalo ngga ditaro dihalaman lain..

avatar paulpogba
@paulpogba

10 Kontribusi 17 Poin

Dipost 8 tahun yang lalu

Makasih bang penjelasannya jelas. Jadi, inikah juga salah satu alasan mengapa sebaiknya file fungsi itu (termasuk yang header) dikumpulkan dalam satu file agar rapi dan tidak terjadi tabrakan sehingga lebih mudah dipasang di bagian paling atas file?

avatar onirusama
@onirusama

265 Kontribusi 184 Poin

Dipost 8 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban