Saran untuk programmer pemula

Punya motivasi kenapa kamu belajar programming, apa yang ingin kamu buat, siapa yang ingin kamu bantu, jadikan ini bahan bakar motivasi. Cari komun

Punya motivasi kenapa kamu belajar programming, apa yang ingin kamu buat, siapa yang ingin kamu bantu, jadikan ini bahan bakar motivasi.

Cari komunitas (offline ataupun online) untuk mendapatkan feedback dari apa yang kamu buat secara langsung, perlihatkan source code mu, apa yang perlu diperbaiki.

Baca kode orang lain, lihat bagaimana orang-orang menulis kodenya, pelajari kenapa, bertanya langsung kalau memungkinkan.

"Belajar lebih dari satu bahasa program. Sangat luar biasa ketika kamu bisa melihat perbandingan dan kontrasnya bahasa program" - Guido

Jangan lupa belajar research (meneliti). Hampir semua pertanyaan dan jawaban ada di google, baca pendapat orang lain alasan kenapa melakukan hal tertentu, lihat mana yang pas untuk masalahmu.

Kalau kamu bekerja di perusahaan, sangat boleh untuk bertanya ke senior, jangan lupa ceritakan apa yang sudah kamu lakukan sebelumnya. Bukan setiap ada masalah bertanya, tapi jelaskan kamu sudah mencoba A atau B tapi hasilnya tidak sesuai.

Sabar, ngga ada yang instan, orang berskill sangat langka, jadi orang yang langka, yang susah dicari dengan sabar dalam belajar, tidak usah terburu-buru

"Sesuatu yang tidak mungkin hanya butuh waktu yang lebih lama" Ian Hickson - Editor HTML5

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Diperbarui 4 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban