Coding Interview Series - Fizz Buzz

Intro


Udah mahir ngoding? atau baru mulai ngoding? tau yang namanya Fizz Buzz ? Apa tuu...

Disini saya akan menjelaskan tentang Fizz Buzz. Fizz Buzz biasanya di gunakan untuk kita yang ingin melamar pekerjaan programmer. Fizz Buzz digunakan juga sebagai tahap awal seleksi lamaran kerja. Oke kita mulai mengenal Fizz Buzz lebih dalam.


Permasalahan

Kita diharuskan menampilkan angka dari 1 hingga angka yang ditentukan, ketika angka itu bisa di bagi dengan 3, maka angkanya diganti menjadi "Fizz", setelah itu jika dia bisa di bagi 5, maka angkanya diganti menjadi "Buzz", nah terakhir, klo angkanya bisa di bagi 3 dan 5, maka angkanya diganti menjadi "Fizz Buzz". Bagaimana cara kita menyelesaikannya?


Penyelesaian

Langkah awal, Kita harus pahami terlebih dahulu, mulanya kita baca kalimat pertama, kita harus menampilkan angka dari satu hingga angka yang di tentukan. Kita bisa menggunakan fungsi dan mengoper parameter untuk angka maks yang ditentukan. DONE.


Selanjutnya, kita bisa tebak, jika angka di bagi dengan 3, maka di ganti dengan Fizz, artinya dalam pemrograman, kita bisa menggunakan modulus, atau sisa bagi. Begitu pula angka yang bisa dibagi dengan 5.


Namun kita jangan lupa, yang selanjutnya adalah angka yang bisa dibagi 3 dan 5, nah kita harus memposisikan logika ini di paling atas terlebih dahulu, karena pada bagian ini bisa saja di eksekusi di bagian 3 atau 5. Oke kita lihat ke program menggunakan JavaScript.


const logic = (angka) => {

 for (let i = 1; i <= angka; i++) {

  let result = i;

  if (i % 3 == 0 && i % 5 == 0) {

   result = "Fizz Buzz"

  } else if (i % 3 == 0) {

   result = "Fizz"

  }else if (i % 5 == 0) {

   result = "Buzz"

  }

  console.log(result)

 }

}


logic(30)


hasilnya,


Screenshot-from-2021-06-19-16-29-38.png


Kita lihat, begitu mudah nya cara kita menyelesaikannya.


Outro

Itu dia cara kita menyelesaikan permasalahan coding FizzBuzz yang biasa di gunakan sebagai interview pekerjaan programmer. Selamat Mencoba XD


avatar randynetworks

Ditulis oleh @randynetworks

"Untuk meraih sesuatu, harus mengorbankan sesuatu juga."