Lima Cara Menghadapi Bug

Bagaimana perasaan teman-teman semua apabila saat ngoding bertemu dengan bug atau error ? Ada yang pusing, ada yang letih, mulas, bahkan menyerah. Te...

cover Lima Cara Menghadapi Bug

Bagaimana perasaan kamu apabila saat ngoding bertemu dengan bug atau error? Ada yang pusing, ada yang letih, mulas, bahkan menyerah. Tenang, ada lima cara yang bisa digunakan dalam menghadapi serangan bug.

Bangun Mental " Bug Itu Biasa"

Sewaktu kecil, saya pernah bermain game FIFA dengan memilihtingkat kesulitan Beginner. Pasti tidak perlu bersusah payah untuk mencetak gol ke gawang lawan dan meraih kemenangan besar melawan komputer yang bisa dibilang yang tercupu. Apakah permainannya seru? Tentu saja tidak. Setelah terbiasa bermain dengan tingkat kesulitan Beginner, ada teman yang mengajak bermain dengan tingkat kesulitan Legendary. Tebakan kamu benar, ya saya akhirnya terbantai. Sama halnya dengan belajar koding, bug- bug yang sulit ditaklukan membuat kegiatan ngoding menjadi lebih seru bahkan bonusnya, kamu bisa menjadi programmer yang semakin hebat.

Cari Solusi di Internet

Kita bukan programmer pertama di dunia. Bug yang kita temukan, kemungkinan besar sudah pernah ditemukan oleh orang lain. Bukan hanya orang di komunitasmu, tetapi orang di seluruh dunia. Semua programmer berpengalaman, pasti pernah menjadi pemula. Proses yang mereka lalui, menghasilkan dokumentasi tentang bug yang sangat tak terhingga jumlahnya dan bisa kalian akses melalui internet. Jangan takut lagi ketika bertemu dengan bug. Sekarang kamu bisa copy error tersebut ke dalam mesin pencarian, hingga jawaban yang relevan dengan error tersebut bisa ditemukan.

Cek Dokumentasi Resmi

Pada umumnya, hampir setiap bahasa, framework atau library yang kita gunakan saat mengoding memiliki dokumentasi yang sudah cukup lengkap. Bug yang kita temukan saat menggunakan tool tersebut, bisa jadi sudah dibahas atau diwanti-wanti pada dokumentasi resminya. Jadi, jangan lupa untuk membaca dokumentasi resmi apabila kamu bertemu dengan bug. Karena bisa jadi, bug tersebut merupakan suatu masalah yang sudah diekspektasikan sebelumnya.

Bertanya yang Baik

Solusi termudah untuk menghadapi bug tentu saja dengan bertanya. Kita bisa bertanya melalui forum atau komunitas, yang di sana banyak sekali orang yang bisa membantu. Pada saat bertanya, pastikan kita bertanya dengan baik untuk memudahkan orang yang mau menjawab. Saat bertanya, jelaskan apa yang baru kamu lakukan sehingga bertemu dengan bug, kemudian tuliskan juga apa yang kamu ekspektasikan atau yang kamu harapkan. Ini akan membantu orang lain yang ingin menyelesaikan bug yang kamu punya.

Mengerti Masalahnya

Sebelum bertanya di forum, atau mencari solusi di internet, alangkah baiknya jika kita mencari terlebih dahulu sumber masalahnya. Kamu bisa melihat bug yang kamu punya ada di baris ke berapa pada teks editor yang kamu gunakan. Coba pelan-pelan dipahami dan dilihat, bisa jadi ada suatu kesalahan kecil seperti typo atau lupa menambahkan tanda titik koma, sehingga menyebabkan munculnya bug. Apabila kalian sudah melakukan debug mundur, namun bug tersebut belum bisa diatasi, maka kamu bisa mencari jawaban di internet atau bertanya melalui forum.

Untuk penjelasan lebih lengkap, kamu bisa menonton video berikut ini.

[[embed key="youtube" value="XKRTxoraT8k"]]

avatar izzan1995
@izzan1995

0 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 1 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban