Apa itu static site generator

Ada banyak jalan untuk sampai ke Roma, begitu juga dengan membuat website, ada banyak cara untuk melakukannya. Salah satu tren saat ini adalah membuat website dengan static site generator atau yang dikenal dengan SSG.


[[table-content]]


Apa itu static site generator

Kalau diartikan langsung, SSG bisa disebut "penghasil website statis". Pada dasarnya SSG adalah istilah umum untuk sebuah alat atau software yang bisa menghasilkan halaman statis.


Apa sih halaman statis? halaman statis adalah halaman yang terbuat dari tiga teknologi andalan web developer yaitu.. HTML, CSS dan javascript (pilihan), di mana tidak ada backend ataupun database yang terlibat langsung di sini.


Apa manfaat website statis

Hal yang wajar ditanyakan, apa sih manfaat dari membuat website dengan SSG ini? terutama dengan berabagai macam pilihan bahasa program saat ini.


Lebih Cepat

Dengan menggunakan website statis saja, artinya kita tidak lagi melakukan "request" ke backend, karena hanya memanggil halaman itu saja. Coba bandingkan saat kamu membuat satu file index.html dan website lain dengan konten yang sama yang menggunakan bahasa backend tertentu, tentu website yang dibuat dengan index.html saja bisa berjalan lebih cepat.


Lebih Aman

Karena tidak banyak kode yang berhubungan dengan data atau backend, maka ada banyak celah keamanan yang secara automatis terpangkas alias membuat website kamu lebih aman.


Hosting Gratis

Mempublish website dinamis lebih sulit dibanding website dinamis. Penyedia hosting statis yang gratis pun lebih banyak. Nah keuntungan untuk kamu yang memilih SSG, kamu justru akan bingung (bingung yang baik) dengan banyaknya pilihan hosting halaman statis gratis untuk kamu nanti.



Website seperti apa yang cocok menggunakan SSG?

Website yang bersifat tidak memiliki "user generated content" alias konten yang tidak dibuat oleh user penggunanya. Sebagai contoh website forum, punya banyak pertanyaan yang dibuat oleh user. Meskipun kalau mau "memaksakan" pasti akan ada jalan, tapi sifat dasar dari website ssg ini tidak cocok untuk itu.


Jadi selain dari hal tersebut seperti website pribadi, membuat blog, profil perusahaan, cocok cocok saja.


Apa teknologi dibalik SSG?

Kita biasanya perlu menginstall program untuk menjalankan SSG ini. Di balik layar, SSG biasanya membaca file markdown yang kita buat dan menjadikannya sebuah halaman HTML dan CSS.


Tenang saja kalau kamu kepikiran, seperti berarti saya harus selalu membuat header? footer? dan hal fix lainnya dong berkali-kali. Tenang, tidak perlu ko' . Dengan SSG kita seperti membuat website dinamis sendiri. Kita menentukan template yang mau dipakai, tentu bisa kamu buat sendiri, sisanya kamu hanya perlu menambahkan kontennya.


Ada banyak "apps" yang menawarkan SSG termasuk dari berbagai macam bahasa dan framework. Kabar baiknya alurnya semua hampir sama, kita tidak perlu mempelajari bahasa tersebut untuk bisa mulai menggunakan SSG. Cukup dengan membaca panduan dokumentasinya. Yang normalnya hanya perlu membuat atau memilih template dan sudah bisa mulai membuat halamannya.


Apa saja pilihan static site generator

Cukup banyak, ada hugo, nuxtjs, nextjs, vuepress, gatsby, gridsome, jigsaw dan masih banyak lagi.


Orang biasanya memilih berdasarkan bahasa atau framework apa yang selama ini dia gunakan. Dimana nanti akan sangat membantu dalam mengembangkan websitenya.


Kekurangan static site generator

Diperlukan setup awal, normalnya teman-teman yang sebelumnya belum terbiasa dengan command prompt/ terminal akan merasa aneh, apalagi kalau malas membaca dokumentasi.


Untuk setiap penambahan halamannya pun akan butuh sedikit waktu lebih dibanding dengan website dinamis. Karena memerlukan "build" time dimana program akan melihat jika ada perubaha sedikitpun di halaman masing-masing dan membuat halamannya.


Melengkapi Static Site Generator kamu

Ada beberapa fitur yang kamu mungkin perlu memikirkan dua kali untuk menggunakan SSG ini. Tapi pelan-pelan sudah banyak produk yang mengatasi masalahnya.


Seperti

membuat komentar kamu bisa menggunakan:

  • disqus
  • commento
  • hyvor
  • talkyard
  • dll..


menerima submisi form dengan:

  • formspree
  • google form
  • formkeep


melakukan autentikasi user:

  • netlify go-true
  • Auth0




tag: mengenal apa itu static site generator, apa itu SSG, apa manfaat static site generator, gohugo, hugo, nuxtjs, nextjs, vuepress, gatsby, gridsome

website static-site
avatar hilmanski

Ditulis oleh @hilmanski

"luaskan ilmu & luaskan manfaat"