Analisa dan Perancangan Sistem Informasi #7 Konsep Perancangan Sistem

Desain Sistem


Kali ini kita akan membahas Desain sistem, Desain sistem dapat diartikan sebagai Tahap setelah analisis dari dari siklus pengembangan sistem penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi. 


Nah, Desain sistem dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu desain sistem secara umum (general system design) / konseptual desain / makro design dan desain sistem secara terinci/ secara phisik/ desain internal.


Tujuan desain untuk apa sih?

  • Untuk memenuhi kebutuhan pemakai sistem
  • Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yg lengkap untuk nantinya digunakan untuk pembuatan program komputernya


Sasaran desain?

  • Desain sistem harus berguna, mudah dipahami dan nantinya mudah digunakan.
  • Desain system harus dapat mendukung tujuan utama perusahaan
  • Desain sistem harus efektif dan efisien untuk dapat mendukung pengelolaan transaksi, pelaporan manajemen, termasuk tugas-tugas yang lainnya yg tidak dilakukan oleh komputer.
  • Desain sistem harus dapat mempersiapkan rancang bangun yang terinci untuk masing-masing komponen.


Tujuan Desain Sistem Secara Umum

Tujuan dari desain sistem secara umum adalah untuk memberikan gambaran secara umum kepada user tentang system yang baru. Pada desain sistem secara umum, komponen –komponen sistem informasi dirancang dengan tujuan untuk mengkomunikasikan kepada user (bukan pemrogram). Komponen sistem informasi yang didesain adalah model, output, input, database, teknologi dan kontrol.


Desain Model Secara Umum

Analis sistem dapat mendesain model dari sistem informasi yang diusulkan dalam bentuk physical system dan logical model. Bagan alir system (systems flowchart) merupakan alat yang tepat untuk digunakan menggambarkan physical system. 


Nah, Simbol-simbol bagan alir sistem menunjukkan secara tepat arti fisiknya, seperti simbol-simbol terminal, harddisk, laporan-laporan. Logical model dari sistem informasi adalah menjelaskan kepada user bagaimana nantinya fungsi-fungsi di sistem informasi secara logikal akan bekerja. Logical model dapat digambarkan dengan diagram arus data (DAD).


Desain Output Secara Umum

Output (keluaran) adalah produk dari sistem informasi yang dapat dilihat. Output dapat diklasifikasikan dalam beberapa tipe yaitu output internal dan output eksternal.


Output internal adalah output yang dimaksudkan untuk mendukung kegiatan manajemen. Output eksternal adalah output yang akan didistribusikan kepada pihak luar yang membutuhkannya.


Desain Input Secara Umum

Alat input dapat digolongkan 2 golongan yaitu alat input langsung yang merupakan alat input yang langsung disambungkan dengan CPU misalnya keyboard, mouse. 


Alat input tak langsung yaitu alat input yang tak langsung berhubungan dengan CPU misalnya KTC (key to card), KTP (key to tape) dan KTD (key to disk)


Langkah-langkah desain input :

  1. Menentukan kebutuhan input dari sistem baru Input yang akan didesain ditentukan dari diagram arus data (DAD) sistem baru yang telah dibuat.
  2. Input di DAD ditunjukkan oleh arus data dari kesatuan luar ke kesatuan proses dan bentuk tampilan input dan alat input yang ditunjukkan oleh proses pemasukkan data. 
  3. Menentukan parameter dari input Bentuk dari input (dialog layar), Sumber input, Alat input


Desain Database Secara Umum

Basis data merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan disimpanan luar kompter dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya. 


Sistem basis data adalah suatu sistem yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam didalam suatu organisasi.


Tipe File

Ada beberapa jenis dari tipe File, Kita simak dibawah!

  1. File Induk (master file) yaitu file induk yang recordnya relatif statis, jarang berubah nilainya. Misalnya daftar mata kuliah File induk dinamik (dynamic master file) yaitu file induk yang nilai record- recordnya sering berubah akibat suatu transaksi. Misalnya file persediaan barang
  2. File Transaksi (transaction file) yaitu file yang digunakan untuk merekam data hasil dari suatu transaksi yang terjadi.
  3. File Laporan (file output) yaitu File laporan berisi informasi yang akan ditampilkan, biasanya untuk mempersiapkan pembuatan laporan bila printer belum siap.
  4. File Sejarah (history file) yaitu File sejarah berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tetapi perlu disimpan untuk masa yang akan datang.
  5. File Pelindung (Backup file) yaitu File pelindung merupakan salinan dari file-file yang masih aktif di database pada saat tertentu.
  6. File Kerja (working file) yaitu File kerja dibuat oleh suatu proses program secara sementara karena memori komputer tidak mencukupi atau untuk menghemat pemakaian memori selama proses dan akan dihapus jika proses telah selesa



Langkah-langkah desain database secara umum 

  1. Menentukan kebutuhan file database untuk sistem baru. Dapat ditentukan dari DAD sistem baru yang dibuat.
  2. Menentukan parameter dari file database 
  • Tipe file       : File Induk,File Transaksi dll 
  • Media file      : Harddisk, disket, dll 
  • Organisasi file : organisasi database (jaringan, berjenjang, relasional)


Desain Teknologi Secara Umum

Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari 3 bagian utama yaitu hardware, software dan brainware.

Langkah-langkah desain teknologi secara umum :

  • Menentukan jenis teknologi untuk sistem baru
  • Menentukan jumlah dari teknologi


Desain Kontrol Secara Umum

Pengendalian yang diterapkan pada sistem informasi berguna untuk mencegah atau menjaga terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

ada pengendalian secara umum, meliputi,

  • Pengendalian organisasi
  • Pengendalian dokumentasi
  • Pengendalian perangkat keras
  • Pengendalian keamanan fisik
  • Pengendalian keamanan data
  • Pengendalian komunikasi
  • Pengendalian aplikasi
  • Pengendalian masukkan
  • Pengendalian pengolahan
  • Pengendalian keluaran


Desain Sistem Secara Terinci


Desain output terinci

Pada desain output secara umum hanya dipakai untuk menentukan kebutuhan macam output yang dibutuhkan pada sistem yang akan dikembangkan. Sedangkan pada desain output secara terinci digunakan untuk menentukan bentuk dari output dan bagaimana output tersebut dihasilkan, sehingga pada desain output secara terinci harus dijelaskan cara mendapatkan output tersebut (Desain output)


Desain input terinci

Pada desain ini dimulai dengan membuat desain dokumen dasar yang akan digunakan untuk menangkap input. Pada tahap ini didesain sebuah dokumen yang dapat memfilter data sampah supaya tidak masuk ke dalam sistem. (Desain Form)


Desain dialog layar terminal

Desain ini merupakan rancang bangun untuk percakapan antara user (pemakai sistem) dengan komputer. Percakapan ini dapat berupa proses memasukkan data,  menampilkan output atau keduanya. (Desain menu)


Desain database terinci

Pada desain database secara umum dipakai untuk mengidentifikasikan kebutuhan file-file data base oleh sistem baru, sedangkan pada desain database secara terinci digunakan untuk menentukan isi atau struktur dari tiap file yang telah diidentifikasikan pada dasain database secara umum. (normalisasi)


Desain teknologi terinci

Sudah dilakukan pada desain secara umum, pada tahap ini telah bisa ditentukan kebutuhan media simpan dari sistem baru yang akan dikembangkan dengan cara dikira-kira berdasarkan isi database dari desain database secara terinci.


Desain model dan kontrol secara terinci

Desain model secara terinci mendefinisikan secara rinci urut-urutan langkah dari masing-masing proses yang digambarkan di DAD. Urut-urutan langkah proses ini diwakili oleh suatu program komputer. Dengan demikian desain model secara terinci juga merupakan desain program komputer. (flowchart program)


Itu dia tentang jenis Design sistem, panjang juga. Tapi ya ini yang saya pelajari di kampus. Selanjutnya kita akan membahas tentang Perancangan Menu, Hirarki Input dan Output (HIPO) sistem.

avatar randynetworks

Ditulis oleh @randynetworks

"Untuk meraih sesuatu, harus mengorbankan sesuatu juga."