Algoritma Series - Array

Sebelumnya kita telah berbicara tentang array pada bigan tipe data composite, selanjutnya, kita akan bicara lebih dalam tentang Array di algoritma. Array seperti yang kita ketahui, adalah sebuah tipe data bentukan yang terdiri dari sejumlah komponen dengan tipe data yang sama. Array sendiri memiliki tiga jenis. Ada array satu dimensi, dua dimensi dan array tiga dimensi. Dimensi yang kita tahu, berarti ruang. Kita akan bahas satu persatu.


1 Dimensi

Sesuai namanya, array ini hanya memiliki panjang saja, atau baris jika kita representasikan kepada sebuah tabel. Kita lihat penulisannya sebagai berikut.


ZnL-q5G9vT5-1Y1zcWcYZ5_bWcQPurOQ2A12DyV8C7FEIonDpoeyQr1bF_vonJ-wSqLnsXd04oV4SVdRtn4H6rYp4CSjVwLAwNAXvg1xj5HO3Nu5d1PwNKlkPWK2ijm1MjTgWMlX


Dan ini lah cara kita membuat Array 1 dimensi pada algoritma.


tipeData namaArray [ jumlahData ] { Value }


Diawali dengan inisialisasi tipe data yang digunakan, kemudian nama dari Arraynya, dan jumlah data yang sekiranya kita akan masukan. Terakhir, kita isi value atau nilai nilai pada array. Biasanya value ini dipisahkan dengan koma jika value lebih dari 1 data.


2 Dimensi

Dua dimensi memiliki column dan baris jika dilihat dari sudut pandang tabel. Penulisannya sebagai berikut.


fVG4g3zwGEocXPAlwIo2oMJechd-nRSxzi1EGKY0-loy0kcnpmn9IuYwuTXPPKfx388v7KcMMje5sNv-yFSPmR0IIA4Ga0WxJ_ZOkWUHOgjxhq2ZW_e6s6IMGsWJyXeHpsnRsGms


Dan ini cara kita menulisnya dalam bentuk algoritma.


tipeData namaArray [ jumlahDataKolom ][ jumlahDatabaris ]  { 

{ValueBaris Pertama}, 

{ValueBaris ke-n}

}


Bedanya dimulai dari kita harus menentukan jumlah kolom dan barisnya. Selanjutnya, setiap baris dibungkus dalam array satu dimensi.


3 Dimensi

Terakhir adalah tiga dimensi, selain memiliki baris dan kolom, tiga dimensi memiliki ruang seperti bangun ruang. Kita lihat ilustrasi dibawah ini.

laCFrY1ypzygYho706gqMHlKts6Qc5InwJExeHdi6npWe2bIOT7rDs9F_Y33YgpU5t3iQ58rhP0X-BCzZm7BboODlR5AabS7I1k5zKjNg5Rnjma7hXXNjy2uL1--f_0V0sAVjYqC


Mirip seperti balok bukan? Penulisan pada algoritma sendiri sedikit rumit, karena kita harus mengimplementasikan array dua dimensi berulang kali. Kita lihat cara penulisannya.


tipeData namaArray [ jumlahDataKolom ][ jumlahDatabaris ][ jumlahVolumeData ]  { 

{

{ValueBaris Pertama}

}, 

{

{ValueBaris ke-n}

},

}


Itu dia jenis jenis dari Array 3 dimensi. Implementasi array, kita akan pelajari lebih lengkap pada Array Javascript. Kita akan buka keseluruhan fungsi dan penggunaanya disana. Selanjutnya kita akan belajar tentang Operator pada Algoritma.


avatar randynetworks

Ditulis oleh @randynetworks

"Untuk meraih sesuatu, harus mengorbankan sesuatu juga."