Hai... Kali ini saya bakal kasih info alternatif yang bisa kita pakai untuk menggantikan phpmyadmin di Linux. Yang sudah pada tahu, ikutin aja ya. Kalau di Mac/Apple OS, ada alternatif yang namanya SequelPro, sebuah aplikasi Database management yang sangat keren. Banyak developer (Mac) menggunakan aplikasi ini sebagai pengganti phpmyadmin. Saya mencoba mencari alternatif yang bisa di pakai di Linux. Dari hasil pencarian, ada banyak aplikasi yang muncul, diantaranya MySQL Workbench, DBeaver, Adminer, dll. Saya sudah mencoba semuanya, namun saya merasa ada yang kurang, terutama MySQL Workbench yang sering crash dan error. DBeaver cukup baik digunakan, temen-temen bisa mencoba ini. Jadi, yang tadi kurang apanya? entahlah, mungkin kurang simple (karena saya suka yang simple-simple, namun powerful). Akhirnya, saya mencoba menjelajahi synaptic package manager secara manual, dan secara tidak sengaja saya menemukan satu aplikasi yang bernama Emma. Dilihat dari keterangannya, Emma ini juga merupakan salah satu aplikasi Database management (berbasis MySQL). Yap, Emma iniliah yang bakal saya rekomendasikan ke temen-temen. Saya akhirnya jatuh hati dengan aplikasi ini, ringan, simple, cepat, dan powerful. Emma adalah alternatif phpmyadmin dan SequelPro terbaik di Linux versi saya. Kalau ada yang lain dan lebih baik, temen-temen bisa konfirmasi di sini. Okeh, sekarang tentang installasi Emma. Installnya mudah, gini aja:
sudo apt-get install emma
Setelah installasi berhasil, kita bisa membuka Emma dengan command terminal
Emma
Untuk bisa menggunakan Emma, kita harus aktifkan server dan MySQL kita. Emma membaca socket MySQL di folder /var/run/mysqld/mysqld.sock . Kalau temen-temen memakai XAMPP / LAMPP di Linux, folder mysqld tersebut tidak ada meski lampp sudah dijalankan. Untuk itu kita perlu membuatnya terlebih dahulu: (close Emma terlebih dahulu):
sudo /opt/lampp/lampp start
sudo mkdir /var/run/mysqld
sudo ln -s /opt/lampp/var/mysql/mysql.sock /var/run/mysqld/mysqld.sock
Setelah itu jalankan Emma, kita sudah bisa terkoneksi ke Database. Kalau mau lebih simple, temen-temen bisa membuat sebuah executable file yang menjalankan semua perintah di atas (namain misal xampp-start, taruh di folder /usr/bin dan buat filenya sebagai executable). Contoh: Screenshot_2016-11-08_19-29-20.png Nanti di terminal tinggal manggil:
sudo xampp-start
Emma: Screenshot_2016-11-08_19-33-08.png


Tag: bebas database

Komentar


foto Dali Kewara
Permisi tambahan link seperti yang disindir diatas untuk Mac: SequelPro bisa download disini https://www.sequelpro.com/

oleh @hilmanrdn 2 bulan yang lalu

foto Dali Kewara
Yap, thanks Bang Hilman. Lupa naruh linknya, hehehe...

oleh @dalikewara 2 bulan yang lalu

foto Dali Kewara
Nyimak

oleh @Fauzannazu 1 bulan yang lalu

foto Dali Kewara
Ada syntax highlighting ya? Sy pakai heidisql jalanin pakai emulator windows di linux, wine

oleh @QaiserLab 3 minggu yang lalu