Variable null & Empty

Saya mau tanya perbedaan dari

String variable;

sama

String variable=null;

itu apa ya ?

avatar Rizkink
@Rizkink

3 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

2 Jawaban:

Jawaban Terpilih

misalnya String jumlah=null; karena nantinya variable 'jumlah' akan menjumlahkan hasil dari beberapa variable, oleh karena itu maka deklarasikan variable 'jumlah=null' alias akan ada isi tapi belum terisi.

sedangkan String jumlah; hanya mendeklarasikan 'jumlah' untuk kepentingan lain

ini hanya pemehaman pribadi saja karena saya selalu pakai null untuk kepentingan seperti tersebut di atas. pasti akan ada pemahaman lain tentang null

saya selalu memahami null sama seperti nol dalam bahasa indonesia dimana ia ada lambang '0' nya. Sedangkan kosong adalah sama persis dengan empty yaitu tak ada sama sekali, tak ada simbol/lambang hanya spasi kosong tapi null akan ada isinya, persis seperti nol ada isinya yaitu '0'

avatar VikSintus
@VikSintus

96 Kontribusi 36 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Saya mencoba menjelaskan dari type variabel yang dikenal oleh Java yaitu:

  1. primitive-type (int, float, double, dll.) : data yang disimpan oleh variabel tipe ini bersifat seperti value-type variabel sehingga tidak bisa di-null-kan.
  2. object-type (String, Array, object dari class, dll.) : data yang disimpan oleh variabel tipe ini bersifat reference-type (object disimpan di heap dan variabel berisi referensi ke lokasi penyimpanan object di heap), data tipe ini bisa di-null-kan.

'null' bisa diartikan bahwa variabel dengan tipe object-type tidak memiliki referensi ke object manapun yang disimpan di heap.

Kembali ke pertanyaan awal:

String variable; ---> ini adalah proses deklarasi variabel tanpa meng-inisialisasi nilainya, Java akan menampilkan error jika hingga running-time variabel ini tidak di-inisialisasi.

String variable = null; ---> ini adalah proses deklarasi variabel sekaligus inisialisasi nilai variabel tersebut, walaupun nilai variabel tersebut berarti 'tidak memiliki referensi apapun ke object di heap'.

Semoga penjelasan ini bisa sedikit membantu.

avatar aang94
@aang94

16 Kontribusi 5 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban