Update Code di Cpanel, Dihalaman Utama Harus di Refresh

Assalamualaikum. salam sejahtera, saya ingin bertanya saya mebuat sebuah website yang sudah dihosting, CMS sudah terkoneksi dengan database.

terkadang saya suka mengedit layout atau komponen statis lainnya di Cpanel, tetapi setelah itu website tidak langsung berubah melainkan harus di REFRESH terlebih dahulu. saya mencoba men load web saya di komputer lain, hasilnya web yang muncul adalah web yang sebelum diupdate, namun setelah saya refresh beberapa kali baru muncul website hasil update yang baru.

pertanyaannya : Bagaimana cara agar setelah saya mengupdate komponen code di cpanel, pada saat load websitenya tidak perlu di refresh2 lagi.

terimakasih, mohon arahannya guru2

avatar firmanhamid10
@firmanhamid10

3 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

4 Jawaban:

Sy punya pengalaman serupa tapi tepatnya bukan cms (soalnya belum pernah utak-atik komponen cms, hanya sekedar dijadikan blog :D) melainkan web custom alias manual coding. Mungkin ini bisa jadi referensi.

Dibeberapa kasus sy dapati masalah ini terkait cache di browser user yg yg menggunakan css dan js lama/belum diedit. Bahkan pernah sy sudah rubah jsnya setelah refresh berkali2 tetap tidak mau berubah. Setelah inspect element dan lihat kodenya ternyata memang js yg digunakan js yg lama. Ada 2 cara yg sy gunakan, 1 rubah nama filenya langsung (tapi nampaknya ini kurang baik karena pasti wajib edit lagi kode2 lainnya). 2 menggunakan tools seperti gulp untuk versioning assetnya sehingga otomatis nama file dan mapingnya bisa mudah dikonfigurasi. Sy kurang tau bagaimana kalau cms, bagaimana sistem compiling file atau assetnya tapi mungkin konsepnya sama.

avatar onirusama
@onirusama

265 Kontribusi 184 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

waduh masih kurang paham nih gan @onirusama, soalnya masih newbie :'(

avatar firmanhamid10
@firmanhamid10

3 Kontribusi 0 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Emang pakai CMS apa gan? kalo pake wordpress saya sarankan menggunakan page builder ( cari referensi di internet ) dengan plugin page builder kita bisa membuat tampilan website seperti layout, tata letak gambar, header, footer, dsb sesuai keinginan kita. Cara menggunakanya juga mudah

avatar JohanFalendo
@JohanFalendo

69 Kontribusi 7 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@JohanFalendo, mungkin bisa disebut Admin Panel buatan sendiri mas, jadi kalo saya input data artikel foto atau apapun ,, diwebsitenya harus saya refresh baru muncul hasil updatannya

avatar firmanhamid10
@firmanhamid10

3 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban