Tujuan belajar coding

Saya belajar coding dengan tujuan ingin menjadi software engineering tapi saya masih awam dan bingung saya harus mulai dari mana dulu dan apa yang harus saya pelajari dari titik 0 sampe bisa dan mahir. agar bisa menjadi software engineering. terimaksih sudah mau menjawab

avatar ibnumarine
@ibnumarine

1 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

3 Jawaban:

Ini ada <a href=' https://github.com/kamranahmedse/developer-roadmap '>Roadmap to becoming a Web Developer in 2019</a>, mungkin bisa membantu. Tinggal sesuaikan mau fokus ke bidang mana

avatar IfanZalukhu
@IfanZalukhu

217 Kontribusi 158 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Kamu bisa "mulai dari belajar website" yang sudah di sediakan disini <a href=' https://sekolahkoding.com/track '>Tahap perjalanan belajar koding di sekolahkoding</a>

avatar hilmanski
@hilmanski

2665 Kontribusi 2131 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

mau share pendapat pribadi,

software engineering itu menurut saya pribadi merupakan field yang sangat amat luas. ketika ingin menjadi software engineer, maka harus tahu secara spesifik seperti:

  1. bahasa apa yang ingin kamu kuasai (entah karena pekerjaan, tren, ataupun karena personal interest)
  2. framework / library apa yang digunakan untuk mempermudah development baik untuk penggunaan pribadi seperti project iseng2 ataupun keperluan kerja dan lain sebagainya (karena saya tidak bisa menjelaskan lebih lanjut)

lalu tips dari saya pribadi mengenai path untuk menjadi software engineer:

  1. sebelum belajar hal baru, pastikan untuk selalu termotivasi dan memiliki niat yang besar untuk belajar hal tsb sehingga ketika belajar bisa lebih enjoy.
  2. punya target mau bekerja dimana kalau bisa dari yang levelnya paling top hingga yang skala nasional, contoh: Google, Perusahaan IT di Singapura, Unicorn di Indonesia, Startup temen. Sehingga untuk mencapai goal tertinggi, coba daki perlahan-lahan dulu lewat goal yang paling basic.
  3. pelajari bagaimana software engineering di perusahaan tersebut. misal, software mereka berbentuk mobile, maka cari tahu bahasa apa yang digunakan oleh mereka untuk membuat aplikasi mobile tersebut atau paling tidak cari bahasa2 populer yang digunakan untuk membuat aplikasi mobile sehingga bahasa yang dipelajari kelak dapat digunakan untuk bekerja.
  4. jangan lupa dari nomer 3 setelah mengetahui bahasa apa yang digunakan, carilah bahasa yang umum dan populer digunakan terutama di Indonesia sehingga belajarnya lebih mudah karena tersedia tutorial-tutorial pembelajaran.
  5. Jangan hanya belajar 'bahasa'nya saja, tetapi juga latihan membuat aplikasi sederhana. Jangan lupa diupload di Sekolah Koding juga ya karya-nya.
  6. Setelah memahami bagaimana bahasa tersebut untuk membuat aplikasi2 sederhana, pelajarilah library yang dapat membantu kamu mengerjakan aplikasi lainnya, contohnya library untuk menampilkan data statistik sehingga kita tidak perlu membuatnya dari 0 setiap membuat aplikasi yang memiliki tampilan data statistik.
  7. Setelah itu pelajari juga framework (jika ada)
  8. Jangan lupa nge'follow' orang2 IT baik orang2 lokal di kotamu, hingga orang2 internasional sehingga selalu up-to-date informasi2 mengenai dunia IT seperti ada bahasa baru, update library baru, dan sebagainya.
  9. Ikut seminar ataupun workshop yang diadakan di kota ataupun di sekitar kota mu, jangan lupa untuk bertanya2 dengan orang2 yang hadir untuk sharing ilmu.
  10. Gabung komunitas
  11. Magang, supaya lebih memahami bagaimana penggunaan yang kamu pelajari di dunia kerja.
  12. Fokus

semoga bisa membantu ya, semangat semoga bisa segera menjadi Software Engineer.

avatar ridhof
@ridhof

22 Kontribusi 19 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Tanggapan

nice share

Login untuk ikut Jawaban