Trik Menghafal ...

bagaimana ya agar kita tidak lupa dengan apa yang kita pelajari...

avatar zambro
@zambro

11 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

7 Jawaban:

diulang-ulang terus gan.. jadikan habit..

avatar fathy
@fathy

21 Kontribusi 10 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

masalahnya seperti bahasa PHP kan mempunyai banyak fungsi...

avatar zambro
@zambro

11 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Sama seperti bahasa Indonesia yang kita pakai, apa agan hapal seluruh kosakata bahasa Indonesia yang baku? Jelas tidak.

Ibaratnya bahasa itu dibagi 2 kelompok, aktif dan pasif. Aktif adalah kosakata yang sering kita gunakan sehari hari, itulah fungsi2 di php yang umum digunakan, dan agan wajib hafal syntax dan implementasinya. Sedangkan yang pasif itu kosakata yang jarang digunakan dalam keseharian, bisa jadi karena bahasa tersebut hanya digunakan dalam kondisi2 tertentu saja. Nah di php juga banyak fungsi seperti itu dan kita ga perlu untuk menghafalnya. Kalau diperlukan kita bisa baca di sumbernya, itulah gunanya dokumentasi.

avatar rachmatsasongko
@rachmatsasongko

410 Kontribusi 426 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Bener gan, terus ulangi dan pahami. Nih ada link yang mungkin bisa membantu : http://jagowebdev.com/cheat-sheet-php-bahasa-indonesia/

avatar athallara
@athallara

11 Kontribusi 7 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

jangan di hafal gan tapi di pahami .. kemudian jangan belajar terlalu banyak bahasa pemrograman sekaligus karena dapat menyebabkan pusing, belajarlah mulai dari apa yang kita butuhkan jangan belajar dengan tujuan yang tidak jelas.. dan yang terakhir setelah belajar trs lah latihan. dan biasakanlah setelah belajar praktekan apa yang sudah kita pelajari tadi tanpa melihat buku dengan itu maka kita akan ingat tanpa harus menghafal sebuah kode :)

avatar Febriansyah
@Febriansyah

28 Kontribusi 2 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Terinspirasi dari buku "Kiat Sukses Belajar", terjemahan dari karya Dr. Ali Abdul Halim Mahmud, saya jadi pingin nyumbang sedikit jawaban.

Jadi, urutan belajar yang baik yang saya pahami dari beliau itu gini: 1. Hafalkan garis besar materi yang kita pelajari. 2. Hafalkan sub-bab dari garis besar materi yang kita pelajari dengan sebelumnya me-recheck garis besar materi yang dihafalkan sebelumnya. 3. Baca secara cepat materi keseluruhan yang kita pelajari. 4. Membuat skema mengenai materi yang kita pelajari (saya biasanya menggunakan mindmap). 5. Baca ringkasan materi (jika ada).

Dan yang terpenting, jangan lupa untuk me-recheck apa yang sudah dipelajari. Recheck ini saya pahami dengan mengulang hafalan.

Menurut beliau, memahami materi saja belum cukup bagi seorang yang belajar jika belum dihafalkan.

Secara pribadi, sebelum menghafalkan, saya berusaha memahaminya dan mencoba menghubungkannya dengan sesuatu yang saya ketahui sebelumnya terlebih dahulu.

Aduh. Jadi panjang komentar saya. :-D

avatar muslimaswaja
@muslimaswaja

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Kalau belajar ngoding, ya di praktekan. berkali - kali dengan kasus yang berbeda - beda.

tapi kalau itu teori, maka mind maping, dipetakan point - point terpenting sampai ke detailnya. lalu dicoba jelasakan kembali apa yang sudah dipahami, kalau sudah bisa menjelaskan ulang dengan kata - kata sendiri dan mudah dipahami orang lain. berarti belajarnya sukses jamin lama lupanya karena berkesan.

avatar sifai
@sifai

80 Kontribusi 24 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban