Tips dan Saran Interview Junior Programming

Halo guys ini pertanyaan pertama gue di forumm ini. Cerita dulu ya besok ceritanya gue ada interview programming untuk jadi full-stack developer web. di salah satu start-up di bandung. Nah yang ingin gue tanyain biasanya sekarang2 yang ditest tuh apasih? apa masih test logika algoritma? atau langsung buat aplikasi kaya CRUD gitu? share dong pengalamannya.

Ohiya info lain gue alhamdulilah bisa laravel,codeigniter,bootstrap, jquery, javascript,html, css Alhamdulilah juga gue udah punya beberapa portofolio. dari beberapa client yang pernah gue buat ga besar sih kebanyakan cuman website informasi. Jujur aja gue tegang banget sekarang takut ga bisa jawab atau ngelakuin yang disuruh. terimakasih atas perhatiannya. Mohon bantuannya ya.

avatar arioseno
@arioseno

26 Kontribusi 11 Poin

Diperbarui 3 tahun yang lalu

8 Jawaban:

Kalo ane waktu itu freelance di ecommerce , di tanya skill, project apa yang pernah dibuat, sebelumnya kerja dimana (karena kebetulan ane baru lulusan SMK , ane bilang pengalaman baru di PKL doang), terus langsung di test sesuai ente lamar di bidang apa, kebetulan ane kemaren itu lamar di bidang Frontend Developer gan.

Tapi tergantung perusahaanya sih, tiap perusahaan beda2.

ini aja sih yang bisa ane sharing, mohon maaf kalo agak aneh bahasanya ya hehehe :)

avatar iqbalfasri
@iqbalfasri

29 Kontribusi 9 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Berdasarkan pengalaman ane beberapa kali test coding di beberapa perusahaan sih rata rata yg di tes itu logika koding nya gan. Bukan koding pake laravel atau node js (awalnya juga ane fikir gitu), ternyata rata rata mereka tes pake PHP dan Js native dan query sql dasar tapi maenan logika, misal suruh bikin program bilangan prima, buat class dan objek yg memanggil atribut nya sendiri, sampe sql join.

Itu aja sih yg mau ane share base on pengalaman ane

avatar firzatullah
@firzatullah

2 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

@iqbalfasri test front-endnya kaya apa gan? disuruh bikin web?

@firzatullah itu boleh buka komputer ga gan? hahaha atau ujian tulis gitu kaya waktu gue kuliah?

avatar arioseno
@arioseno

26 Kontribusi 11 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Biasanya ngoding pake laptop masing masing, cuman pas awal dibilang jangan buka internet dan buku

avatar firzatullah
@firzatullah

2 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Interview jelas ditanyain pengalaman dan keahliannya. Lihat/bahas portofolio yg dikirim ke perusahaan. Kalo Ok dengan portofolio ada juga yg tidak perlu test langsung kerja aja (perusahaan memang lagi butuh banget).

Test setelah/saat interview bisa dengan lisan mengenai algoritma/logika dll secara tidak langsung mereka sdh test kamu.

Test Tertulis di kertas mengenai algoritma/logika.

Test dengan komputer membuat projek yang sudah ditentukan. Nah disini ada yg tidak boleh akses internet ada juga yang malah dikasih dokumentasi/bebas akses internet.

Masalah framework tergantung dari kebutuhan perusahaan. Kalo memang di perusahaan tersebut menggunakan framework A kemungkinan akan di test jg menggunakan framework A.

avatar kentos
@kentos

10 Kontribusi 1 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Kalo ane kemarin sih pas ngelamar cuman disuruh bikin looping bilangan prima, terus ditanyain udah pernah bikin apa aja, akun githubnya apa, sukanya ngoding apa.. Terus keterima deh, kerja sampe sekarang

avatar afrijaldz
@afrijaldz

220 Kontribusi 86 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

saya sudah menulis di blog saya, 70 contoh soal tes programmer, ada contoh tes teori, tes database, tes logic, hingga ada tes bkin programmnya gan, semoga bermanfaat. Berikut link nya gan : <a href='https://www.dediblog.id/2019/12/70-contoh-soal-tes-programmer-php-java.html'>70+ Soal Tes Programmer</a>

avatar Dedi96
@Dedi96

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 3 tahun yang lalu

Tanggapan

maaf gan not found masa heuheu

<div>Sekedar berbagi juga mas, selama saya tes dan interview programmer itu dapat banyak tipe soal yang diberikan, dan udah saya tulis dan rangkum dalam blog pribadi, ada tes soal logic, tes soal teori, dan tes soal Mysql (database).<br><br>Ini linknya mas :<br><br><a href="https://www.dediblog.id/2020/07/90-contoh-soal-tes-programmer-php-java.html">https://www.dediblog.id/2020/07/90-contoh-soal-tes-programmer-php-java.html</a><br><br>Dan ada beberapa juga perusahaan yang memberikan soal tes berupa bikin aplikasi sederhana, seperti bikin sistem login, sistem kasir sederhana, dan lainnya.<br><br>Silahkan kunjungi blog saya itu mas, udh lebih dari 90 soal yang saya tulis berdasarkan perngalaman saya bolak balik tes interview programmer.</div>

avatar dedinugroho_google
@dedinugroho_google

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 3 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban