Sublime plugins yang membuat kita makin cinta dengan koding

Bagi temen-temen yang mulai serius ngoding pastinya gak akan pakai notepad buat ngoding, Karena kurang mumpuni. Ada beberapa text editor yang populer, seperti Atom, Visual Studio code, dan Sublime Text (ST). Karena saya pengguna Sublime, maka disini saya akan share beberapa plugin yang saya pakai, dan ini bisa membantu kita agar lebih produktif ketika ngoding. Nah ini dia beberapa plugin yang saya cukup populer :

Package Control

kalo temen terbiasa menggunakan linux, pasti tau apt-get. Kalau terbiasa dengan Python, pasti tau pip. Nah Package Control ini fungsinya sama dengan apt-get dan pip. Kalau belum paham juga, yang pake android pasti tau, google play. Kalau di Apple namaya App store. Nah udah ada bayangan kan ? dengan Package Control, temen-temen bisa dengan mudah install plugin / package2 lainnya tanpa harus download, copy paste ke direktori package dimana Sublime di Install. Cara installnya bisa dilihat disini [link]https://packagecontrol.io/installation [/link]. Sekali ini aja install plugin secara manual, setelahnya bakal dengan mudah install melalui Package Control.

Setelah temen-temen install, bisa dicek apakah sudah terinstal dengan benar, dengan cara pencet Ctrl/Cmd + Shift + p ketika berada di dalam Sublime Text.

[img] https://d2mxuefqeaa7sj.cloudfront.net/s_4E641CB9A744B241811588DF87F20B59E1095CCA4BD2A92EF38B6B1E8E5BFCFE_1515161272267_Screenshot+33.png [/img]

kalau muncul seperti itu bererti berhasil, untuk menginstall plugin-plugin selanjutnya bisa menggunakan Package Control: Install Package.

Emmet

ini favorite saya banget, asli bikin ngerjain kode jadi gampang. tulis gini, html:5 terus pencet Tab, munculnya begini [img] https://d2mxuefqeaa7sj.cloudfront.net/s_4E641CB9A744B241811588DF87F20B59E1095CCA4BD2A92EF38B6B1E8E5BFCFE_1515162087332_Capture.JPG [/img]

enak banget kan, ngga cuma itu masih banyak lagi singkatan-singkatan lainnya yang bisa mempermudah dan membuat kita semakin cinta dengan koding hehehe kalau udah install plugins Emmet, coba temen-temen praktekin, ketik tulisan dibawah kemudian tekan tab :

- div#element-1.container - ul.column>li.column*5 - ketik div, terus Tab. didalam div ketik lorem tekan Tab

dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan emmet, silakan buka dokumentasinya saja disini https://docs.emmet.io/

SublimeLinter + JSHint

Linter ini fungsinnya memberi tahu kita, dibagian mana saja pada kode kita, yang bisa menyebabkan bug. Dengan Linter, akan memudahkan kita untuk melakukan debugging.

JShint beraksi :

Color Picker

Dengan Plugin teman-teman bisa dengan mudah memilih warna langsung dari CSS file, dengan cara memencet tombol ctrl + shift + c maka akan mucul pop up color picker.

Terminal

setelah Install plugins Terminal, temen-temen bisa tekan ctrl + shift + t maka terminal / powershell akan terbuka lagsung menuju path file yang terbuka pada sublime text

Git

Jaman now semuanya pakai VCS (version control system) dan yang paling populer yaitu git. Nah kenapa ngga kita pakai plugin ini, jadi langsung gaperlu ribet-ribet lewat terminal atau cmd. Kalau udah install bisa langsung ctrl + shift + p dan ketik git, maka muncul pilihan-pilihan yang kita bisa lakukan seperti git init, add, commit, pull, push, dan lainnya.

GitGutter

Kita bisa melihat perubahan pada commit sebelumnya, apa saya yang ditambah dan dikurangin dengan menggunakan GitGutter,

source : Sitepoint https://www.sitepoint.com/10-essential-sublime-text-plugins-full-stack-developer/

AutoPrefixer

ini salah satu tools yang cukup berguna, jadi otomatis menambahkan CSS prefix agar kompatibel di berbagai web browser. Tapi saya sendiri tidak menggunakannya, menurut saya lebih baik menggunakan AutoPrefixer pada build tool saja, jadi CSS yang di development phase tidak perlu di Autoprefix-in.

source : Maria Spr https://medium.com/@MariaSpr/sublime-text-3-essential-packages-2596133aead9, Medium.

ada plugin lain yang teman-teman pakai ? komentar dibawah, nanti saya add kedalam artikel ini

add my facebook : https://www.facebook.com/yudhatamadanang

avatar timelord
@timelord

140 Kontribusi 86 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

1 Jawaban:

Kalau boleh menambahkan:

  • Trimmer - A Sublime Text plug-in for cleaning up whitespace: [link]packagecontrol.io/packages/Trimmer[/link]

  • SideBarEnhancements - Enhancements to Sublime Text sidebar. Files and folders: [link]packagecontrol.io/packages/SideBarEnhancements[/link]

  • View In Browser - Open the contents of your current view/tab in a web browser: [link]packagecontrol.io/packages/View%20In%20Browser[/link]

  • LiveReload - LiveReload plugin for SublimeText: [link]packagecontrol.io/packages/LiveReload[/link]

  • BracketHighlighter - Bracket and tag highlighter for Sublime Text: <a href='packagecontrol.io/packages/BracketHighlighter'>packagecontrol.io/packages/BracketHighlighter</a>

Lanjut di bawah, Gan!—kalau mau menambahkan lagi.

avatar kularizky
@kularizky

2 Kontribusi 0 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban