Step belajar yang baik berdasarkan arah tujuan

Halo, saya pengen bikin game. Bagian yang harus saya pelajari duluan itu bagian apa?? dan seterusnya belajar apa??

avatar JanStars
@JanStars

2 Kontribusi 1 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

5 Jawaban:

Kalo mau bikin game banyak banget yang harus dipelajari, tergantung kamu gamenya dalam bagian apa? misalnya bagian olah suara ya kamu harus bisa olah suara, atau bagian desain karakter ya harus bisa desain dan animasi, atau bagian pengisi suara, programmer, penulis script, producer dan lain-lain.

avatar DennyKurniawan
@DennyKurniawan

62 Kontribusi 22 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Kalau membuat game banyak sekali poin yang harus ditentukan terlebih dahulu seperti: dimana game nya akan di mainkan, apakah di smartphone atau PC, apa Jenis/kategori game nya, seperti Arcade,puzzle,strategi, atau mungkin action. karna beda jenis game akan mempengaruhi langkah selanjutnya apa yang akan dipelajari.

Tapi oke anggaplah kamu akan membuat sebuah Game Puzzle di mobile, contohnya game TEBAK GAMBAR, game yang sederhana. Konsepnya kita tampilin gambar dan input text untuk memasukkan jawaban yang benar. Lalu apa kira-kira yang harus dipelajari untuk membuat game ini? Seperti yang kita tau Software pembuat aplikasi yang populer adalah android studio untuk android, dan Xcode untuk iOS. Dari kedua software diatas kita tau bahasa program yang digunakan, yaitu Java untuk android studio dan swift untuk xcode. Berarti hal selanjutnya yang harus kita pelajari adalah bahasa program tersebut, setelah tau cara menggunakannya barulah mulai membuat gamenya.

Tapi ada beberapa hal kecil lainnya yang juga harus kita pelajari, dalam hal ini karena game kita berhubungan dengan GAMBAR ya tentu saja kita harus tau mengoperasikan Software pengelola gambar seperti Photoshop,Illustrator atau Corel draw mungkin. Kalau misalnya yang berhubungan dengan Game 3D berari kamu harus mempelajari Software pembuat 3D seperti Blender atau mungkin yang biasa untuk game seperti Unity 3D dan lain-lain.Nah itu tadi sedikit contoh alur membuat game, beda perangkat dan beda jenis game akan mempengaruhi apa yang akan kita pelajari selanjutnya. Maka tentukan dulu yang itu,sebelum memulai.

#CMIIW

avatar thomsonmail
@thomsonmail

126 Kontribusi 25 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Coba aja cari2 roadmap game developer. Mungkin dengan itu membantu kamu step by step yang perlu dipelajari

avatar IfanZalukhu
@IfanZalukhu

217 Kontribusi 158 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab terlebih dahulu sebelum saya bisa memberikan saran mengenai 'belajar bikin game'.

  1. pernah belajar pemrograman atau ngga?
  2. oke, kalau belum pernah belajar pemrograman. mau belajar pemrograman atau ngga?

nah dari sini bisa dilihat, kalau kamu sudah pernah belajar pemrograman. path yang bisa diambil dalam membuat game adalah menjadi seorang programmernya. yang harus dipelajari terlebih dahulu tentunya memahami IDE yang mau kamu gunakan untuk membuat game. Contoh yang populer adalah Unity dan Unreal Engine. Pertama harus terbiasa dulu dengan IDE tersebut, tujuan awalnya adalah bisa bikin game single-player disana, terus coba belajar yang multi-player, hingga akhirnya bisa yang online dan sebagainya. Coba untuk bereksperimen dengan membuat game dengan genre yang berbeda2 pula seperti dari RPG ke FPS dsb.

Kalau kamu gamau belajar programming, beberapa tools menyediakan pembuatan game dengan minim ngoding bahkan tanpa ngoding. Salah satunya adalah Construct 2 dan 3, lalu RPG Maker,dan sebagainya.

Tentu ada perbedaan antara yang menggunakan bahasa pemrograman dengan yang tidak, tetapi juga goalnya hanya membuat game, coba mulai bikin game dengan Construct dulu. Kalau nanti sudah menemukan jalan buntu karena keterbatasan pengembangan, baru coba belajar menggunakan yang lain seperti Unity.

avatar ridhof
@ridhof

22 Kontribusi 19 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

hoi kok pertanyaannya sama :v jadinya gw gak usah tanya klo gitu makasih ya, berdasarkan yg ane cari awalan gmn cara bikin game atau dimana mulai kita belajar bisa dibilang

  1. pelajari pemrogaman java
  2. trus belajar C# katanya banyak game yg menggunakan basic ini

untuk enginenya bisa menggunakan unity 2d/3d, atau menggunakan unreal 3d, gw sih niatnya mau belajar java dulu, kalau udh lancar dan cukup paham, baru deh belajar c# lalu langsung membuat apa yg dituju dengan engine2 tersebut

avatar maszgalang
@maszgalang

297 Kontribusi 80 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban