Soal mengenai java

Para master sekalian, mohon maaf sebelumnya, saya masih pemula dan sekarang saya mendapat soal dari tugas seperti di bawah ini. Jadi saya mohon bantuannya untuk menyelesaikan soal tersebut. Saya sudah coba, tapi saya stuck dan nyangkut di situ-situ aja. Mohon bantuannya master.

Ini soalnya: Dengan menggunakan kelas, buatlah program tentang kelas staf sekolah. Kelas ini adalah superclass yang mempunyai subclass guru dan tenaga administrasi.

- Kelas staf sekolah mempunyai variabel nama, alamat, jumlah anak, tanggal awal bekerja dan pangkat. Selain itu juga punya method lama bekerja (diperoleh dari tanggal saat ini dikurangi tanggal awal bekerja) dan method hitung gaji pokok. Gaji pokok diperoleh dari nilai gaji dasar ditambah tunjangan lama, tunjangan pangkat bekerja dan tunjangan anak. Selain itu mempunyai method hitung gaji total yang belum didefinisikan.

- Kelas guru, selain variabel dan method pada superclassnya, juga mempunyai variabel bidang keahlian dan method hitung tunjangan mengajar yang diperoleh dari banyaknya jam mengajar dikali upah per jam mengajar. Definisikan method hitung gaji total sebagai penjumlahan gaji pokok dengan tunjangan mengajar.

- Kelas tenaga administrasi, selain variabel dan method pada superclassnya, juga mempunyai variabel jam kerja seminggu dan method hitung upah lembur. Upah lembur dihitung jika seorang tenaga administrasi bekerja lebih dari 40 jam perminggu. Kelebihannya adalah jam lembur. Upah lembur = jumlah jam lembur dikali dengan upah per jam lembur. Definisikan method hitung gaji total sebagai penjumlahan gaji pokok dengan upah lembur.

avatar zulmahendra27
@zulmahendra27

2 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

Tanggapan

stuck nya dimana gan, biar mengasah skill agan harus coba sendiri klo ada stuck baru tanya stuck nya disini kenapa, ini tugas tentang konsep oop inheritance

Hi @zulmahendra27, masalahnya apa bro? kalo cuma ngasih PR ke orang lain biar dikerjain, sampe kiamat lu ga bakal paham algoritma. Soal itu ada untuk melatih lu. Dicoba dulu kerjain, kalo mentok ada masalah boleh deh silakan tanya di forum ini. #MualaiAjaDulu

1 Jawaban:

Pelajari dulu playlist <a href=' https://www.youtube.com/playlist?list=PLCZlgfAG0GXDUvrO3Bc_VUvIjWKnYIRJ1 '>Belajar Java Untuk Pemula</a> dari SekolahKoding. Disitu lengkap dari dasar hingga membahas tentng kelas. Coba pahami step-by-step kalau sdh stuck baru bagikan disini koding yg sdh dibuat. Biar kawan-kawan disini ngecek dibagian mana yg kurang pas yg kamu buat.

Kalau dikerjakan semuanya oleh kawan-kawan disini ntar kalau ada tugas berikutnya bro gk bisa kerjakan wkwkwkw

avatar IfanZalukhu
@IfanZalukhu

217 Kontribusi 158 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Tanggapan

setuju, forum jangan dijadikan tempat kerja PR gan :D, usaha dulu, baru bertanya , selamat belajar!

Login untuk ikut Jawaban