Shared Hosting atau Vps ?

Hallo nama saya Nazmudin saya ingin membuat website tapi saya bingun untuk memilih Shared hosting Atau VPS

Untuk pemula apa yang harus saya beli vps atau Shared Hosting untuk membuat website ?

saya bingung karena katanya kalo beli Shared Hosting buang - buang uang karena jika pengunjung nya banyak akan down.

jika membeli vps spesifikasi berapa untuk pemula ?

avatar Nazmudin
@Nazmudin

1 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

3 Jawaban:

Tergantung tujuan website kita gan untuk apa dan untuk siapa web kita ditujukan, dan bahasa program apa yang kita pakai di website kita. kalo misalkan website kita cuma untuk UKM atau skala kecil, pake shared hosting cukup gan. vps di pake kalo website nya berskala besar gan.. Itu yang saya tau gan, atau suhu-suhu disini ada yang mau nambahin.. hehe :D

avatar ZeinMubaraq
@ZeinMubaraq

15 Kontribusi 2 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Jawaban Terpilih

Kalau konteksnya pemula berarti tidak ada dasar / pengalaman manajemen server saya sarankan shared hosting terlepas dari kebutuhan websitenya. Kalau ada minat untuk belajar server (umumnya linux) atau ada orang yang bisa dikasih tanggung jawab silakan coba VPS. Bukan berarti shared hosting tidak harus belajar, karena pertama kali saya pegang cpanel juga agak pusing.

Kalo mau VPS mungkin bisa coba yang RAM-nya 1GB. Setau saya VPS paling murah saat ini di linode https://www.linode.com/pricing. Cuma 5$ per bulan, tapi harus beli pake kartu kredit.

avatar rangerkuning
@rangerkuning

19 Kontribusi 15 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Halo.

Untuk pemula dan belajar, sebaiknya shared hosting. Dengan shared hosting, anda sudah mendapatkan semuanya, setting, auto install script, konfigurasi server, semua fitur sudah lengkap dalam satu panel, misal cPanel.

Jika anda menggunakan VPS untuk belajar, mungkin Anda akan merasa kesulitan, karena Anda harus melakukan pointing IP, login ke server menggunakan SSH, dan harus belajar tentang beberapa perintah bash, dan lain-lain yang mungkin akan membuat Anda menyerah di awal.

Jika anda sudah terbiasa dengan shared hosting, nanti Anda akan mudah dengan VPS. Cara seperti ini lebih menghemat waktu dan uang Anda.

avatar tompradana
@tompradana

134 Kontribusi 95 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban