Seputar Apache dan Nginx

Perbedaan paling mencolok dari dua server ini apa si gan? Terus kapan kita harus milih Apache kapan kita harus milih Nginx? Ataukah ini cuma sesuai selera? Makasih gan! Butuh pencerahan nih buat milih server di case selanjutnya hehe..

avatar AndriLaksono
@AndriLaksono

27 Kontribusi 11 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

3 Jawaban:

Jawaban Terpilih

Masalah ini memang sering menjadi dilema. Kalau saya pribadi lebih cenderung ke nginx, tapi bukan berarti saya anti apache.

Yang perlu digaris bawahi disini adalah ngix hadir puluhan tahun setelah apache. Tujuannya untuk memecahkan problem concurrency apache. Kalau untuk website yang tidak memiliki banyak pengunjung mungkin ga terlihat bedanya. Tapi dengan ribuan pengguna secara bersamaan, nginx memang lebih bisa diandalkan.

Lebih lanjut, apache memang masih menjadi pilihan paling populer dari keseluruhan pengguna webserver, 49% apache vs 34.9% nginx. Tapi bila di break down mendetail, sampai top 100ribu website ranking teratas dikuasai pengguna nginx, perbandingannya 29% apache vs 53.9% nginx. Baru di top 1juta keduanya seimbang 41.2% apache vs 41.7 % nginx. Sumber https://w3techs.com/technologies/cross/web_server/ranking, data diambil 18 september 2017.

Dari situ terlihat bahwa top ranking website cenderung memilih nginx.

avatar rachmatsasongko
@rachmatsasongko

410 Kontribusi 426 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Cakep bang makasih loh :D

avatar AndriLaksono
@AndriLaksono

27 Kontribusi 11 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Agree... kalau saya coba running kedua web server tsb, nginx lebih irit penggunaan memory.

avatar andrisutanto
@andrisutanto

12 Kontribusi 3 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban