Tentang seekp, reinterpret_cast dan seekg di C++

Permisi teman-teman, mungkin ada yang bisa jelasin apa itu seekp, reinterpret_cast sama seekg dan penggunaannya kayak gimana? Saya pemula baru belajar C++, nyari di internet soal itu tetep bingung 😅
avatar samuelyumak._google

Ditanyakan oleh @samuelyumak._google

1 Kontribusi 1 Poin

Login untuk menanggapi


Jawaban

Ini c bukan pertanyaan pemula tapi udah level menengah, karena udah berbicara stream, buffer, pointer.

Untuk seekp dan seekg itu sebenarnya mirip, perbedaannya seekp digunakan pada stream output, sedangkan seekg digunakan pada stream input. Baik seekp maupun seekg fungsinya untuk mengatur posisi kursor di dalam stream data (kalo misal di word itu untuk mengatur posisi garis yang kedip-kedip atau posisi ketik). Secara umum seperti itu. Contoh penggunaannya bisa dilihat di:
http://www.cplusplus.com/reference/istream/istream/seekg/
http://www.cplusplus.com/reference/ostream/ostream/seekp/

Kalau reinterpret_cast ini semacam cast atau konversi, namun bukan konversi biasa seperti long ke integer atau semacamnya, fungsi reinterpret_cast lebih dari itu. Bisa untuk duplikat sebuah struct (kumpulan variabel), bisa untuk konversi integer ke char. Contoh penggunaanya bisa dilihat di:
https://www.geeksforgeeks.org/reinterpret_cast-in-c-type-casting-operators

Penggunaan reinterpret_cast cukup banyak dan bervariasi, namun kalau menurut saya masih bisa menggunakan fungsi lain yang lebih spesifik dan lebih mudah dibaca. Misal untuk duplikat struct, maka saya akan lebih memilih membuat variabel struct baru daripada bermain-main dengan pointer.

Kunjungi juga https://warkop-it.000webhostapp.com
avatar ChronoJava

Dijawab oleh @ChronoJava

40 Kontribusi 21 Poin

Login untuk menanggapi


Login untuk gabung berdiskusi