Seberapa wajibkah membuat mockup sebelum membangun sebuah website?

Apakah sangat dianjurkan membuat mockup terlebih dahulu sebelum memulai koding?

avatar iamfreestyler
@iamfreestyler

341 Kontribusi 57 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

5 Jawaban:

sebaiknya ya. karena dengan membuat mockup terlebih dahulu akan memudahkan kita untuk mengkoding karena sudah ada gambarannya.tetapi ada orang yang tanpa mockup dia bisa lebih explore ketika ngoding malah mendapat pencerahan. it depends on you bro.

avatar allifira
@allifira

4 Kontribusi 1 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Tergantung dari skala project nya.

Jika anda membuat website dari template yang sudah ada kemudian di edit, maka mockup tidak perlu ada. Ini bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.

Untuk projek website yang mulai koding dari nol, kalau saran saya mockup harus ada. Ini akan memudahkan anda dalam melihat gambaran utuh dari sebuah website sehingga dalam koding akan lebih cepat.

Apalagi jika anda mengerjakan website permintaan orang lain, mockup ini jadi SANGAT WAJIB. Karena ini adalah bentuk gambaran sederhana dari apa yang client inginkan. Membuat mockup dulu sampai clien anda sepakat dengan layout tersebut akan membuat waktu dan tenaga anda lebih efisien. Setelah mockup disetujui oleh client, baru anda bisa membuat desain PSD atau Sketch dari mockup ini. Setelah itu minta persetujuan dari client lagi setelah desainnya jadi. Baru setelah itu anda ubah desainnya menjadi koding. Kalau apa yang dari client langsung di koding, saya jamin anda akan stress karena banyak revisi. Akan lebih efisien revisi mockup dulu dari pada revisi koding.

avatar antz90
@antz90

6 Kontribusi 9 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

tergantung dari skala project dan permintaan orang yg minta dibuatin aplikasi, kalau orngnya perlu lihat akan dibuat gmn aplikasi yang wajib dibuat

avatar ashleenanh46
@ashleenanh46

21 Kontribusi 5 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Kalau bikin dari kosongan ya WAJIB ada ini mockup. Memudahkan banget untuk tahap implementasinya karena sudah ada gambaran, kalaupun berubah2 pastinya tidak banyak.
Tapi kalau ini project untuk belajar sah - sah saja mau pakai mockup atau mau enggak pakai mockup punya sendiri ini kok ^^

avatar markeronly
@markeronly

378 Kontribusi 230 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Trimakasih agan2 untuk jawabannya

avatar iamfreestyler
@iamfreestyler

341 Kontribusi 57 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban