saya bingung harus mulai belajar darimana

Halo semuanya, salam sejahtera untuk kita semua. dahulu kala saya sempat belajar koding sekitar 7 tahun lalu, dari php, javascript, java, python dan ruby. tetapi seperti yang kalian ketahui saya hanya belajar permukaannya saja. tidak mendalami dari setiap bahasa pemrograman tersebut. singkat cerita karna pkerjaan saya yg sangat jauh dari dunia koding, saya sampai tidak sempat menyentuh kembali dunia koding dan tertinggal dengan tren2 koding masa kini. karna lebih dari 4 tahun saya tidak bersentuhan dengan koding.

boleh sedikit sharing, menurut kalian yang lebih tekun belajar koding dari saya, tren koding yang future proof apa? saat ini yg saya tau mobile app sedang naik daun, tapi passion saya di web app dan desktop app. apakah bila saya menekuni passion saya di web app dan desktop app akan bisa terpakai untuk 5 sampai 10 tahun yang akan datang?

avatar Setiabudigalih
@Setiabudigalih

15 Kontribusi 8 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

3 Jawaban:

menurut saya web app 5 - 10 tahun masih akan tetap terpakai, secara diseluruh platform ada web

avatar codingforbabies
@codingforbabies

159 Kontribusi 53 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

belajar back-end server juga oke. semua platform (Desktop-mobile-web) membutuhkan data dari API server. Tapi sebenarnya belajar apa saja juga tidak masalah, karena sekali anda mengerti bagaimana untuk melakukan koding terhadap suatu bahasa, seharusnya anda paham bagaimana logika berfikirnya. Sehingga suatu saat anda dibutuhkan mengkoding di beda bahasa (programming language), anda cukup mempelajari syntax nya karena anda sudah paham logika berfikirnya.

avatar ma4m
@ma4m

97 Kontribusi 39 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

terimaksih untuk jawaban agan @lamAn dan agan @ma4m mari kita ramaikan dunia koding indonesia dengan prestasi :D

avatar Setiabudigalih
@Setiabudigalih

15 Kontribusi 8 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban