Tanya tips untuk mengerjakan suatu project

Assalamualaikum. Buat yang sedang atau perna ngerjain suat project, bagi tips dong gimana cara menyelesaikan suatu project, dari awal sampai tahap deploy. Terima Kasih.
avatar naufalhfzhn

Ditanyakan oleh @naufalhfzhn

170 Kontribusi 57 Poin

Login untuk menanggapi


Jawaban

Waalaikumsalam Kebetulan saya bukanlah orang yang menempuh pendidikan formal dibidang IT. Semua saya pelajari sendiri secara otodidak. Kalau cara yang saya gunakan cukup simple. Diperjelas dulu brief projectnya, User mau inputan seperti apa dan outputnya seperti apa. Kalau udah jelas baru deh bisa melangkah apa yang akan dikerjakan. Sistem mengerjakannya juga simple, jangan terlalu mikirin code yang perfect. Tapi yang pertama kejarlah dulu semua function yang dibutuhkan dalam sistem tersebut bisa work. selanjutnya baru dirapihkan atau istilah kerennya code refactoring. Karena biasanya client itu tidak bisa melihat hasil kerja dari segi backend, yang client tau cuma ini jadinya tampilan seperti apa, fungsinya jalan atau tidak. Urusan function di backend & database, client mana mau tahu. Jadi usahakan semua fungsi work dulu, baru mikirin gimana caranya fungsi tersebut bisa lebih baik lagi. Ini merupakan pengalaman pribadi saya. Semoga sharing saya bisa membantu.
avatar cyb3rs0nic

Dijawab oleh @cyb3rs0nic

20 Kontribusi 17 Poin

  • terima kasih bang uda mau kasih waktunya buat sharing, semoga bisa saya praktekan hihi - @naufalhfzhn

Login untuk menanggapi


project sendiri atau project orang? kalo project orang : 1. analysis semaksimal mungkin jangan mulai codding dlu, tanyakan apa saja kebutuhan si klien, apa yang mau di buat input-outputnya dll, lalu buat sketsa analysis kamu mau jadi seperti apa. 2. jika bisa si klien siapkan asset-asset seperti gambar, rancangan dll, jika tidak minta kelonggaran waktu dan biaya. 3. kejar fungsional dahulu dibandingan UI. 4. Lakukan Pre-User agrement test apakah si user setuju atau diperlukannya pengembangan lagi. 5. fix bug. 6. End-User Agrement Test, test semua aplikasi mu dan biarkan si klien yang menjalankan aplikasi mu. 7. jika Ok, Demo & fix bug. 8. jika bugless / no bug, deploy. semoga bermanfaat :D
avatar Nuera

Dijawab oleh @Nuera

22 Kontribusi 11 Poin

  • Wah thanks untuk tipsnya bang, semoga bisa diterapin - @naufalhfzhn

Login untuk menanggapi


Login untuk gabung berdiskusi