perbedaan konstanta dan variabel

selamat malam teman2..

saya lagi belajar php dasar.. untuk teman2 yang sudah paham tentang php..

saya baru saja membaca artikel ini: http://www.duniailkom.com/pengertian-konstanta-dan-cara-penulisan-konstanta-php/ (jika ingin dilihat)

saya coba ambil kesimpulan bahwa penulisan konstanta jarang digunakan pada proses file php karena penulisan variabelnya yang bersifat tetap. tidak seperti penulisan variabel yang menggunakan tanda dollar ($) dan bisa diubah-ubah nilainya. sehingga pada file php jarang di temukan variabel dengan penulisan konsanta..

Apa betul?

Terima Kasih..

avatar jacs
@jacs

67 Kontribusi 6 Poin

Diperbarui 7 tahun yang lalu

2 Jawaban:

Konstanta digunakan untuk membuat variable dengan nilai yang tetap. Bukan jarang ditemukan atau jarang digunakan, tapi tergantung kebutuhan. Misal kalau kamu membuat koneksi ke Database dengan informasi sensitive seperti DB_USERNAME, DB_PASSWORD, DB_NAME, dll, akan lebih baik kalau menggunakan konstanta. Sebab, kalau menggunakan variable biasa, nilai-nilai sensitive tersebut bisa diubah selama proses, dan ini cukup membahayakan. Pokoknya, kalau kamu punya configurasi nilai yang bersifat tetap, atau nilai yang sudah paten, dan nilai tersebut tidak boleh diubah selama proses, gunakanlah konstanta.

Sekali lagi, variable konstanta jarang ditemukan bukan karena penulisan variabelnya yang bersifat tetap, tapi karena kebutuhan sistemnya.

avatar dalikewara
@dalikewara

351 Kontribusi 260 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

iya gan terganung kebutuhan... ada beberapa keuntungan klo pake konstanta salah satunya struktur kode lebih baik, contoh lainnya mungkin klo agan buat database misalnya ada table jenis_kelamin kan itu pasti udh definisikan di tablenya laki2 sma perempuan... nah, dikasus ini agan bisa pake konstanta

avatar yusupsaepudin
@yusupsaepudin

95 Kontribusi 107 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban