Notifikasi Email Otomatis Berdasarkan Tanggal

Suhu mau nanya, jadi ane buat aplikasi sewa motor, nah singkatnya di data penyewa ada email penyewa, tanggal sewa, dan tanggal pengembalian motor. Ane pingin ketika ada motor yang jatuh tempo nanti penyewa bakal dikirim notifikasi email buat ngembaliin motor tersebut. Jadi penyewa bakal dikirim notifikasi email otomatis berdasarkan tanggal pengembalian.

Karena ini masih localhost jadi ane pake mailtrap buat ngetestnya, untuk sekedar ngirim emailnya sudah bisa, tapi agar email terkirim berdasarkan tanggal pengembaliannya yang belum ketemu caranya, ane cari-cari kebanyakan pada pakai cronjob. Apakah ada cara lain tanpa pakai cronjob hu? Soalnya ini ane cuma untuk ngetes dulu belum pakai hosting, terimakasih.

avatar pikichu
@pikichu

1 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 3 tahun yang lalu

1 Jawaban:

<div>Solusinya memang pakai cronjob.<br>Kalau tidak mau berarti harus ada trigger atau yang memancing.<br><br>Bisa juga pakai ajax,<br>ngecek setiap sekian waktu sekali,&nbsp;<br>cek di server, bikin kode untuk ngecek di database</div><pre>if(waktu &lt; waktuTempo &amp;&amp; sewa belum selesai) kirim email</pre><div><br>Kalau tidak pakai ajax<br>bikin saja tombol, atau setiap buka halaman tertentu,<br>panggil kode yang sama di atas</div><div><br><br></div>

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 3 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban